3 Tips Agar UKM Terus Bertahan Saat Corona

3 Tips Agar UKM Terus Bertahan Saat Corona

Corona Virus atau Covid-19 berdampak buruk pada sektor ekonomi. Berbagai bisnis termasuk Usaha Kecil Menengah atau UKM menurun karena daya beli masyarakat yang turun. Agar dapat bertahan, maka UKM perlu melakukan pemangkasan modal usaha.

Untuk memudahkan anda berikut ini adalah 3 Tips Agar UKM Terus Bertahan Saat Corona :

3 Tips Agar UKM Terus Bertahan Saat Corona

1. Turunkan Biaya Produksi

Tidak sedikit orang yang berkata bahwa dengan menurunkan biaya produksi sama saja dengan menurunkan kualitas produk UKM yang dihasilkan. Tapi nyatanya, Anda tetap dapat menurunkan biaya produksi tanpa menurunkan kualitas produk sedikit pun.

Anda dapat membeli peralatan produksi bekas yang masih berkualitas. Mengingat saat ini prioritas pengeluaran Anda bukan hanya untuk membeli peralatan baru, tetapi juga untuk pengeluaran lainnya.

Dilihat juga : 7 Tips Bisnis Online Dengan Mudah

2. Kurangi Penggunaan Kertas dan Manfaatkan Teknologi

Kurangi penggunaan kertas dalam setiap kegiatan berbisnis. Selain mengurangi biaya dan modal usaha, bisnis UKM Anda juga ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Misalnya Daftar Slot 918Kiss, bisnis Anda ingin membuat invoice. Anda dapat menggunakan dokumen digital untuk membuatnya dan mengirim kepada yang bersangkutan melalui email. Tapi jika ingin lebih mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan software akuntansi karena format dan berbagai template invoice sudah tersedia.

3. Gunakan Media Sosial Gratisan untuk Digital Marketing

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk pemasaran bisnis produk UKM. Saat ini, pemasaran melalui media sosial terbukti lebih cepat, gratis, dan hasil yang lebih maksimal.

Anda dapat menggunakan media sosial sesuai dengan target pasar produk UKM. Terutama saat pandemi Virus Corona, hampir mayoritas masyarakat sudah mulai belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Media sosial tentu tidak terlepas dari keseharian mereka.

Sumber : jurnal.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *