5 Binatang Endemik dari Tiongkok yang Unik

5 Binatang Endemik dari Tiongkok yang Unik

5 Binatang Endemik dari Tiongkok yang Unik

5 Binatang Endemik dari Tiongkok yang Unik – Memiliki daratan yang sangat luas, Tiongkok memang banyak menyimpan berbagai jenis satwa liar yang tidak bisa ditemukan pada negara-negara lain. Kebanyakan dari hewan-hewan langka tersebut banyak mendiami wilayah pegunungan, sungai serta hutan yang sangat jauh dari pemukiman warga. Oleh karena itu, memerlukan usaha yang keras bagi para peneliti untuk dapat melihat hewan khas Tiongkok tersebut di alam liar.

Dengan populasi yang semakin berkurang pada habitat aslinya. Inilah lima hewan endemik yang hanya dapat kamu jumpai  wilayah Tiongkok  dari laman Chinahighlights dan nativebreed, sebagai berikut:

1. Chinese giant salamanders

Chinese giant salamanders merupakan jenis hewan amfibi yang dapat hidup darat dan air. Dari laman Chinahighlights, chinese giant salamanders memiliki ukuran tubuh yang besar bahkan menyamai ukuran komodo. Hewan ini mempunyai rata-rata berat tubuh 60 kilogram dan panjang hampir dua meter. Sedangkan untuk usia, chinese giant salamanders dapat bertahan hidup selama lebih dari 60 tahun.

Pada alam liar, populasi dari chinese giant salamanders sangatlah jarang menemukannya. Namun, beberapa masyarakat  Tiongkok justru mengembangbiakan hewan ini untuk konsumsi.

2. Tibetan macaques

Tibetan macaques hanya dapat menjumpai daerah Tiongkok bagian selatan serta wilayah Tibet. Hewan ini merupakan jenis kera terbesar  dunia yang memiliki bobot hingga 19 kilogram. Dari segi penampilan, tibetan macaques jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar ketimbang betina. Tempat terbaik untuk melihat spesies kera unik ini terletak daerah Monkey Valley  kamu juga dapat menikmati suasana pegunungan yang indah.

Selain itu, hewan ini juga hidup pada wilayah taman nasional Zhangjiajie yang memiliki lebih dari 3000 ekor tibetan macaques yang menjaga oleh pemerintah setempat.

3. Red panda

Menjadi spesies panda dengan populasi yang tinggal tidak banyak lagi, red panda merupakan hewan yang terancam punah keberadaannya saat ini. Red panda berhabitat asli wilayah Tiongkok bagian tengah dan Himalaya. Sifatnya yang sangat pemalu membuat hewan ini sangat sulit menjumpai pada alam liar. Untuk melihat panda lucu ini kamu bisa datang langsung ke kebun binatang Tiongkok atau pusat penangkaran panda  wilayah Chengdu. Red panda sangat jarang sekali menemukannya pada kebun binatang daerah luar Tiongkok.

4. Dugong

Dugong adalah jenis mamalia laut yang masuk dalam kelompok hewan herbivora. Dari laman Nativebreed, dugong merupakan satu-satunya hewan yang memiliki hubungan dekat dengan steller’s sea cow atau sapi laut yang telah punah pada abad ke 18 akibat perburuan besar-besaran. Dari segi penampilan, dugong mempunyai tubuh berbentuk fusiform dengan mulut yang mengarah ke bawah serta memiliki gigi dengan pola unik. Pada habitat aslinya, hewan ini dapat bertahan hidup hingga usia 25 tahun.

5. North China leopard

North China leopard hanya dapat ditemukan di daerah pegunungan dan hutan yang terletak di wilayah Tiongkok bagian utara. Hewan ini hidup berdampingan dengan spesies leopard lainnya yaitu armur leopard. Meskipun memiliki corak dan ukuran tubuh yang berbeda kedua leopard tersebut dapat hidup dengan akur. North China leopard memiliki bulu berwarna coklat dengan panjang tubuh 170 hingga 210 sentimeter. Diperkirakan populasi dari North China leopard saat ini hanya tersisa 103 ekor.