5 Cara Mudah Merawat Kucing untuk Pemula

5 Cara Mudah Merawat Kucing untuk Pemula

5 Cara Mudah Merawat Kucing untuk Pemula

5 Cara Mudah Merawat Kucing untuk Pemula – Menjadi salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan membuat kucing disenangi banyak orang. Hal ini yang membuat kucing sering dipilih menjadi binatang peliharaan.

Tetapi, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ada baiknya kamu pahami sifat dan kebiasaan dari kucing terlebih dahulu. Itu karena kucing mempunyai sifat manja dan butuh perawatan yang ekstra.

Nah, segala macam yang harus dilakukan saat memelihara kucing harus dipelajari secara jelas. Lalu bagaimana untuk yang belum pernah melihara kucing? Jawabannya ada dalam penjelasan di bawah ini, ya.

Makanan yang Tepat

Saat memutuskan memelihara kucing, makanan menjadi kebutuhan yang wajib diperhatikan. Berilah makan secara teratur 2-3 kali atau 4 kali untuk anak kucing per hari. Karena, jika kucing kelaparan, ada kemungkinan mereka akan mencari makanan sendiri dengan sembarangan.

Tidak ada salahnya ikut memberikan sayuran seperti brokoli yang telah dimasak sebagai selingan. Kamu bisa memilih makanan khusus jika memang usia kucingmu di bawah satu tahun. Sedangkan untuk kucing di atas satu tahun, sebaiknya diberikan makanan dewasa.

Cek Kesehatan

Selain makanan, kesehatan kucing juga harus diperhatikan. Tidak hanya memberikan obat-obatan dan vitamin, salah satu hal lain yang harus dilakukan yakni vaksinasi dan sterilisasi.

Vaksinasi menjadi hal yang wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Kamu bisa mendatangi dokter hewan atau pet shop terdekat untuk vaksinasi. Sedangkan sterilisasi dilakukan saat usia kucing telah mencapai 6 bulan. Tujuannya untuk menghindari kucing dari penyakit dan membuatnya lebih jinak.

Sisir Bulu

Bulu kucing menjadi bagian rentan yang harus diperhatikan. Sering kali bulu kucing bergumpal dan kusut, terutama untuk yang kucing mempunyai bulu panjang dan lebat.

Menyisir bulu kucing harus dilakukan secara rutin untuk mengangkat bulu-bulu yang telah mati, membersihkan kutu, menghilangkan jamur pada bulu kucing, dan gumpalan. Langkah ini juga bisa melancarkan aliran darah pada tubuh kucing.

Ajari Buang Kotoran

Kucing juga harus diajarkan membuang kotoran di tempat yang seharusnya. Berikan litter box sebagai wadah untuk buang kotoran. Buatlah mereka terbiasa membuat kotorannya di tempat itu, khususnya setelah selesai makan.

Jika dilakukan secara teratur, kucing akan mengerti dan hafal tempat membuang kotoran dengan benar.

Ajak Bermain

Kucing adalah hewan yang sensitif dan mudah stres. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus rajin mengajak keluar dan bermain. Mengajaknya bermain juga membantu pertumbuhan dan perkembangan kucing agar tumbuh sehat dan lincah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *