5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan Di Rumah

manfaat punya hewan peliharaan di rumah

Manfaat Punya Hewan Peliharaan – Memiliki hewan peliharaan ternyata sangat berdampak positif dan bagi kesehatan dan hubungi sosial kamu. Sehingga dengan memiliki hewan peliharaan di rumah sangatlah menyenangkan, selain itu juga memberi dampak yang sangat baik untuk mereka yang juga memeliharannya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Kucing untuk Pemula

Beberapa dampak baik tersebut mulai dari kesehatan jiwa, pelepas penata, hingga sebagai teman bermain bagi anak, dan banyak manfaat lainnya. Daripada penasaran? Berikut manfaat punya hewan peliharaan.

1. Cegah Gangguan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, memiliki hewan peliharaan ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hal ini tentu saja mencegah Anda dari berbagai gangguan jantung yang membahayakan.

Dengan memiliki hewan peliharaan di rumah, seseorang akan menjadi lebih senang dan bahagia. Selain itu mereka juga memiliki tekanan darah yang stabil, penurunan kadar kolesterol, dan banyak lagi lainnya. Hal ini secara langsung membuat Anda memiliki jantung yang lebih sehat saat memiliki hewan peliharaan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Memelihara hewan peliharaan di rumah bukan hanya hobi untuk kesenangan saja. Lebih dari itu, memiliki hewan peliharaan ternyata memberi manfaat baik dalam meningkatkan kesehatan mental pemiliknya.

Hanya dengan membelai atau mengelus hewan peliharaan Anda akan merasa lebih tenang, detak jantung menjadi stabil, dan tentu saja muncul kesenangan tersendiri. Hal ini bisa terjadi karena saat mengelus hewan terjadinya penurunan hormon penyebab stres dan meningkatkan hormon pemberi rasa senang.

Oleh karena itu memiliki hewan peliharaan di rumah sangat cocok bagi Anda yang memiliki pekerjaan super sibuk dan padat atau yang sedang dalam pengobatan kesehatan mental.

3. Menjalin Relasi Sosial

Jika Anda bergabung dalam sebuah komunitas hewan peliharaan tertentu, hal ini akan baik untuk relasi sosial. Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda. Dari sana Anda akan belajar perspektif lain dalam memelihara hewan atau bahkan ini baik bagi karir atau bisnis Anda.

Menjalin hubungan sosial dengan banyak orang tentu baik bagi diri Anda sendiri. Mulai dari peningkatan kualitas diri, memperkaya wawasan, meningkatkan kesehatan mental, dan banyak lagi lainnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memelihara hewan peliharaan cocok bagi Anda yang sedang atau ingin menurunkan berat badan. Keberadaan hewan-hewan tersebut membuat Anda menjadi lebih aktif untuk bergerak, karena memang cukup sulit untuk merawat mereka dari deposit idn poker.

Anda harus menyiapkan makanan secara rutin, memandikannya, hingga bermain bersama mereka. Aktivitas ini tentu membakar kalori yang cukup banyak, sehingga cocok jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

5. Mencegah Anak Terkena Alergi

Sebuah studi oleh Dennis Ownby, MD, seorang dokter anak di Medical College of Georgia, menunjukkan bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan tidak mudah terserang oleh alergi. Hal ini bisa terjadi karena anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik seiring dengan lamanya mereka dengan hewan peliharaan.

Namun tentu saja ini adalah sebuah proses yang panjang dan tidak serta-merta anak Anda bisa kebal terhadap serangan penyakit. Anda tetap perlu memperhatikan kondisi anak dan hewan peliharaan agar tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga: BI Ramal Ekonomi Hanya Tumbuh 1,9 Persen pada 2020

Itulah tadi beberapa manfaat punya peliharaan di rumah. Semoga dengan artikel diatas bisa memberimu informasi dan wawasan terbaru untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *