5 Usaha Dengan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

modal kecil  – Kuliah sambil kerja adalah salah satu langkah paling utama untuk mempersiapkan diri dengan hidup yang mandiri di kemudian hari, setidaknya ada beberapa alasan mengapa mahasiswa yang khususnya jurusan informastika harus memulai bisnin di saat kuliah :

Baca juga : Bisnis Franchise Terbaik Untuk Generasi Milenial

1. Mengumpulkan portofolio untuk bekal nanti setelah lulus

2. Membangun bisnis teknologi besar sejak dini. Banyak sekali contoh perusahaan teknologi besar yang dibangun sejak jaman kuliah, Microsoft, Facebook, Apple adalah contohnya.

3. Mengembangkan kemampuan dari materi yang didapat di bangku kuliah. Pengetahuan bukanlah pemahaman, untuk memahami suatu pengetahuan, kita perlu praktek, nah di sinilah pentingnya praktek bekerja sampingan saat kuliah

4. Membangun relasi. Ada pepatah mengatakan, kualitas manusia dilihat dari kualitas relasinya. Sangat penting membangun relasi dan personal branding sejak awal, carilah sebanyak-banyaknya relasi saat masih kuliah namun tetap diingat bukan hanya banyak tetapi juga berkualitas.

Berikut ini adalah 5 peluang dengan usaha dengan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa tenik informatika:

1. Jasa Maintenance IT
Ini adalah bisnis jangka panjang yang akan sangat membantu banyak perusahaan terutama perusahaan kecil dan menengah yang belum memiliki tim IT sendiri. Bantulah perusahaan UKM yang ada di sekitar Kamu untuk merawat dan mengelola sumberdaya IT mereka seperti pemeliharaan server, komputer, peralatan WIFI, router, mesin absen dll. Kamu bisa memberikan tarif bulanan untuk pemeliharaan rutin.

2. Jasa Pembuatan Website
Jasa pembuatan website merupakan jasa paling populer di bidang IT. Jasa pembuatan website memiliki permintaan lebih dari 14.000 (sumber dari Google) setiap bulannya dan terus meningkat. Itupun belum dihitung dengan peminat yang tidak mencari di Google. Kamu bisa membuat website dengan framework populer seperti Laravel atau menggunakan WordPress, CMS yang digunakan lebih dari 30% website di dunia (sumber). Jika Kamu tidak memiliki modal besar untuk membeli plugin WordPress premium yang mahal, Kamu bisa bergabung dengan IWS (iws.suryasemesta.com) yang merupakan layanan khusus untuk developer pemula yang masih belum memiliki modal yang cukup untuk membeli beberapa tool untuk memudahkan pengembangan situs web.

3. Les Private
Menjual layanan les merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan juga untuk mulai membangun relasi. Kamu bisa mulai membuka les privat untuk SD, SMP maupun SMA.

4. Jual Produk IT (Komputer) + Jasa Instalasi
Peluang usaha lain yang juga sangat cocok untuk mahasiswa jurusan teknik Informatika adalah dengan menjual berbagai macam kebutuhan IT seperti komuter, laptop, mesin absensi, CCTV, router dan ditambah dengan layanan jasa installasinya. Ini akan mengasah kemampuan Kamu dan juga mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit.

5. Pelatihan IT
Berikan penawaran kepada perusahaan-perusahaan di sekitar Kamu untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya pengetahuan dan pemahaman tentang dunia IT. Kamu juga bisa bekerjasama dengan mahasiswa lain jurusan komunikasi untuk membantu Kamu mengadakan event pelatihan.

Itulah beberapa langkah yang cocok buat usaha yang bsia diterapkan dengan modal kecil. Semoga menambah wawasan dan memperbanyak inspirasi kamu.

sumber : kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *