7 Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

7 Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

 

7 Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) memasuki usia yang ke-26 pada Senin. Dalam rangka momen ulang tahun, Balai TNUK merilis hasil penangkaran sang ikon, Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), yang sudah mencapai 67 ekor di tahun 2017.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan sebuah Kawasan Taman Nasional yang berada di ujung barat Pulau Jawa. Tepatnya terbentang di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Pada 1 Februari 1992, Komisi Warisan Dunia UNESCO mengesahkan taman nasional ini sebagai Situs Warisan Dunia kategori Alam.

Dengan luas area yang mencapai 122.956 Hektare, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket masuk ke taman nasional ini Rp5.000 per orang untuk warga negara Indonesia dan Rp150 ribu per orang untuk warga negara asing.

Untuk menuju kawasan ini, turis bisa menyewa kapal cepat dari Pantai Carita, Anyer, dengan tarif Rp4,5 juta yang berkapasitas delapan orang.

Berikut ini ialah tujuh lokasi yang harus dikunjungi bila berkesempatan menjejakkan kaki di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

1. Pulau Handeulum

7 Objek Wisata Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Handeulum berada di sisi timur Semenanjung Ujung Kulon. Satu hal yang unik tempat ini ialah keberadaan rel kereta yang mengarah ke lautan. Saat sampai di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan hamparan sisa akar pohon bakau. Waspadalah akan kehadiran Ular Piton di baliknya. Bagi yang ingin menginap, sudah tersedia resor sederhana di sini.

2. Pulau Panaitan

Bagi surfer profesional, nama pulau yang berada di selat Sunda ini sangat akrab di telinga mereka. Ombak di Panaitan adalah wahana bermain yang menyenangkan bagi para penunggang ombak. Tetapi, jangan harap ada fasilitas hostel atau resor di pulau ini. Turis yang mau menginap bisa mendirikan tenda di sini.

3. Pulau Peucang

Tempat ini paling terkenal dari seluruh kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Tak mengherankan jika sarana dan prasarana di sini telah sangat mendukung kegiatan berlibur. Berenang, menyelam, dan snorkeling merupakan kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Peucang. Bagi yang ingin menginap, juga sudah tersedia resor sederhana di sini.

4. Gunung Honje

Taman Nasional Ujung Kulon tidak melulu didominasi pulau dan pantai. Bagi yang hobi mendaki, maka Gunung Honje merupakan tempat yang ideal untuk dikunjungi.

Tak hanya gunung, di kawasan ini juga ada sumber Air Panas Cibiuk, Curug Cikajang, Curug Pipanis, dan Desa Nelayan Cibanua.

5. Sungai Cigenter

Berkano menyusuri sungai yang beraliran tenang sambil memandang badak-badak yang sedang berendam bisa dilakukan di sini.

6. Pulau Oar-Umang

Hamparan pasir putih yang bertemu dengan birunya air laut merupakan pemandangan yang diidam-idamkan oleh semua orang. Semua hal itu bisa ditemukan di Pulau Oar-Umang, yang luasnya hanya sebesar lapangan basket ini.

7. Padang Cidaon dan Cibunar

Jika di Jawa Timur ada Savana Bekol di Taman Nasional Baluran, maka di Taman Nasional Ujung Kulon juga punya Padang Cidaon dan Cibunar.

Di tempat ini, turis bisa bertemu dengan rusa, banteng, babi hutan, dan lainnya. Untuk menikmati kedua tempat ini, turis hanya perlu berlayar sekitar 15 menit dari Pulau Peucang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *