7 Tips Bisnis Online Dengan Mudah

7 Tips Bisnis Online Dengan Mudah

Apabila anda memiliki sebuah usaha maupun sebuah bisnis tentu memiliki harapan usaha yang anda jalan tersebut mengalami peningkatan dari berbagai sisinya. Salah satunya dengan mengembangkan bisnis online. Membuka usaha baru secara online memang dapat dijadikan salah satu cara yang paling jitu agar usaha sebelumnya yang sudah berjalan dapat lebih berkembang. Terutama dengan perkembangan dari dunia digital ini yang terus meningkat inilah yang membuat perubahan signifikan terhadap usaha anda.

Dengan masuk ke dunia digital usaha yang anda miliki juga memiliki kesempatan untuk lebih dikenal lebih luas dan menjangkau ke berbagai tempat yang sulit dijangkau jika hanya dilakukan secara offline. Namun, sebelum mulai membangun aset digital baik itu sekedar media sosial atau bahkan website, pastikan agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan target pelanggan yang dituju.

Bisnis Online Dengan Mudah

Untuk memiliki bisnis onlin yang baik dan menghasilkan diperlukan berbagai cara, namun semua semakin mudah dengan apabila secara online. Karena itu untuk memiliki bisnis yang lebih baik dan dikenal orang banyak pastikan anda melakukan beberapa tips di bawah ini:

Buat Website

Banyaknya orang yang mengakses internet dalam setiap harinya tentu dapat dimaksimalkan oleh para pebisnis dengan membangun sebuah bisnis online. Untuk memenuhi itu website merupakan hal yang wajib dimiliki oleh usahamu. Membangun website tidak hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki produk seperti baju, aksesoris dan lainnya. Tetapi, mereka yang memiliki coffee shop atau kafe juga memerlukan website sebagai media untuk melakukan promosi kepada calon pelanggan.

Seperti contoh, anda memiliki sebuah usaha yaitu sebuah restoran makanan, website yang anda perlu miliki tidak hanya berisi daftar makanan serta harga dari makanan tersebut. Tetapi, anda bisa menyisipkan blog yang menyediakan beragam artikel mengenai resep makanan sehat untuk para calon pelanggan. Hal ini berguna untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka, terlepas dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

Implementasikan SEO

Saat sudah memiliki hal-hal seperti website yang cukup lengkap dari sisi mobile dan user friendly dan sudah memiliki media sosial selanjutnya tinggal mengoptimalkan keduanya. Mengoptimalkan website tersebut dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi sebuah halaman dalam mesin pencari (Google, yahoo, bing).

Sebelum anda dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan SEO, implementasi dari local SEO ini dapat membuat usaha anda akan berada pada halaman pertama pada hasil pencarian Google di daerah anda. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mereka yang berada di sekitar usaha anda.

Seperti contoh, anda memiliki sebuah restoran di daerah Jakarta Selatan. Ketika anda telah mengoptimasinya menggunakan local SEO, maka saat orang mencari kata ‘restoran di jakarta selatan’ maka usaha anda akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google.

Anda bisa menerapkannya dengan memasukkan local keywords di dalam konten website anda dan mengoptimasinya menggunakan meta tags. Lalu, menanamkannya pada Google Maps pada halaman kontak di website serta mendaftarkan usahamu pada Google My Business. Teknik tersebut cukup ampuh mengenalkan usahamu.

Dilihat juga : Alasan Thrift Store Jadi Peluang Bisnis Terbaik

Memiliki Website yang Tampilannya User Friendly

First impression adalah hal penting dalam sebuah produk terutama produk yang memiliki bentuk fisik. Mereka yang datang kedalam websitemu tentu membutuhkan sebuah tampilan yang nyaman dan user friendly dalam penggunaannya. Selain user friendly, konten serta loading dari website tersebut juga penting untuk diperhatikan. Kedua hal tersebut penting untuk dimiliki sebuah website, karena dengan adanya konten serta loading time yang baik tentu akan membuat orang betah berlama-lama dalam websitemu sehingga membuat nilai dari websitemu akan semakin baik.

Bangun Website yang Mobile Friendly

Sebagian besar orang di era digital ini melakukan segalanya menggunakan smartphone yang dimilikinya, baik itu saat di kantor, di transportasi umum maupun pribadi dan dimanapun. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mengoptimalkan sebuah usaha yang sudah memiliki website, tentu website tersebut juga harus yang mobile friendly. Beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dengan mengoptimalkan website mereka dengan mobile friendly tentu akan membuat semakin nyaman para user untuk membaca hingga mengaksesnya dengan menggunakan smartphone.

Monitoring Aset Digital yang Dimiliki

Saat sudah memiliki berbagai macam aset digital untuk memasarkan bisnismu online, maka jangan lupa untuk melakukan monitoring secara berkala. Monitoring ini dapat meliputi hal-hal seperti adanya saran atau komen yang masuk, konten yang harus terus diperbaharui dan juga beberapa hal lainnya yang perlu dijaga mulai dari website, sosial media hingga konten-konten di dalamnya. Hal ini agar menekan adanya kemungkinan para calon pengguna produk bisnismu pindah ke kompetitor.

Jika penggunaan aset ini dapat dijalankan secara optimal, bukan tidak mungkin pelanggan terus berdatangan.

Jangan Lupa Untuk Mencantumkan Kontak & Alamat

Berkat google, orang-orang yang mencari informasi cenderung lebih memilih menggunakan internet terlebih dahulu dibandingkan melalui apapun. Jika anda memiliki sebuah basis online yang kuat antar sebuah platform, maka hal ini akan membuat usahamu lebih diuntungkan dibanding beberapa kompetitor lainnya.

Karenanya, pastikan usaha yang anda miliki tersebut dapat diakses dengan mudah melalui kontak dan alamat yang tercantum dengan jelas. Adanya internet juga dapat dimaksimalkan dengan menambahkan fitur seperti chatbot, email, maupun fitur pesan yang ada di platform ecommerce. Ditambah banyaknya opsi pembayaran yang dapat mempermudah calon pelanggan saat melakukan transaksi secara online.

Gunakan Media Sosial

Selain memiliki website, pastikan usahamu juga memiliki media sosial untuk menjangkau sekaligus berkomunikasi melalui media tersebut. Tidak harus memiliki semua jenis media sosial, anda hanya perlu mengoptimalkan beberapa media sosial yang efektif dan sesuai dengan pasar dari produk yang anda miliki.

Biasanya media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk melakukan bisnis online jual beli sebuah produk.

Beberapa hal di atas adalah cara untuk anda yang ingin meningkatkan bisnis online, namun apabila anda ingin melakukannya dengan lebih mudah anda dapat menggunakan e-commerce untuk memasarkan bisnismu.

Sumber : Jurnal.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *