Aktivitas Ekonomi Sudah Bisa Jalan Sebelum Herd Immunity Tercapai

Aktivitas Ekonomi Sudah Bisa Jalan Sebelum Herd Immunity Tercapai

Aktivitas Ekonomi Sudah Bisa Jalan Sebelum Herd Immunity Tercapai– Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan aktivitas ekonomi dapat memulai sebelum herd imunity tercapai. Pihaknya memprediksi herd immunity. Namun, pemulihan aktivitas ekonomi seperti semula sudah bisa melakukan sebelumnya yaitu ketika COVID-19 terkendali atau kasus terus-menerus. Dalam kondisi ini, aktivitas ekonomi dan sosial dapat dimulai dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Yang menarik sebenarnya yang kita perjuangkan untuk diatasi adalah mengurangi atau memperlambat dan mengekang laju pertambahan kasus. Semua daerah berusaha memperlambat pertambahan kasus.

COVID-19 DALAM RAGAM TINJAUAN PERSPEKTIF

Penanganan COVID-19 menjadi kunci penting pemulihan ekonomi

World Economic Forum menyatakan swoosh-shaped akan menjadi pola pemulihan ekonomi global. Suharso mengatakan Indonesia memperkirakan akan mengikuti pola tersebut. Kuncinya, penanganan COVID-19 melakukan dengan kerja cerdas dan program pemulihan ekonomi nasional melakukan konsisten ke pusat dan daerah. Penanganan COVID-19 menjadi kunci penting agar pemulihan ekonomi tidak membentuk huruf ‘W’, Ke mana kondisi ini terjadi jika adanya penyebaran virus kembali atau second round pandemic yang menyebabkan ekonomi kembali terkontraksi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terkontraksi -2,07 persen

Melansir dari http://hanoiquan.com.au/  badan Pusat Statistik merilis realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang terkontraksi sebesar -2,07 persen, dengan pertumbuhan ekonomi Kuartal IV- sebesar -2,19 persen (year on year). Realisasi tersebut sangat mendekati proyeksi Kementerian PPN/Bappenas yang menyebutkan pertumbuhan ekonomi. Produk Domestik Bruto per kapita Indonesia pada menurun menjadi Rp56,94 juta dari sebelumnya Rp59,06 juta atau turun dari 4.174 dolar AS per kapita menjadi 3.912 dolar AS per kapita. Status Indonesia dari Upper Middle Income yang tercermin dari Gross National Income (GNI) per kapita sebesar 4.047,6 dolar AS, memperkirakan akan turun menjadi Lower Middle Income dengan GNI per kapita sebesar 3.806,4 dolar AS.

Butuh 188 juta jiwa mevaksinasi untuk capai herd immunity

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional memprediksi herd immunity dari COVID-19 tercapai. Dari 270 juta penduduk Indonesia, perlu 188 juta penduduk.  Akan memvaksinasi untuk mencapai herd immunity 70 persen penduduk ke atas 18 tahun. Dengan kriteria eksklusi komorbid, eks pasien COVID-19, dan ibu hamil, target vaksinasi adalah 181,5 juta penduduk. Memperkirakan  mencapai pada atau bulan sejak tahap pertama vaksinasi akan memulai. Namun, herd immunity bisa mempercepat jika ketersediaan vaksin bertambah, ungkap Suharso.