Analisa peluang usaha makanan tradisional paling laris

Analisa peluang usaha makanan tradisional

Makanan Tradisional peluang usaha baru

Analisa peluang usaha makanan tradisional paling laris – Indonesia yang dihimpun dari beberapa pulau tentu saja dengan banyak daerah juga. Sehingga oleh-oleh atau makanan khas setiap daerah tersebut berbeda-beda

Makanan khas daerah

  • Manisan

Disebut manisan sebab makanan tersebut menggunakan gula pada proses pengolahannya. Selain dibuat menggunakan buah-buahan, manisan juga ada yang dibuat dari jenis sayuran, cabai misalnya. Jika dilihat dari cara pengolahannya, manisan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu manisan kering dan manisan basah.

  • Kue basah

Kue basah yang bisa ditemui hampir di semua daerah ini menjadi peluang usaha makanan khas daerah modal kecil. Untuk bahannya tergantung dari jenis makanan yang akan dibuat, mulai dari jenis kue basah gorengan, kue basah kukus hingga yang lainnya. Ada beragam kue basah khas daerah seperti serabi, apem, risoles, bika ambon dan yang lain sebagainya.

  • Makanan berbumbu khas

Ini juga bisa menjadi peluang bisnis makanan daerah sebab tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat lokal tetapi disukai oleh masyarakat luar daerah yang berwisata ke daerah tersebut. Diantaranya makanan khas yang sering dijadikan oleh-oleh yaitu batagor, tahu thek-thek, pical sikai Bukit Tinggi , tahu gimbal Semarang hingga pecel Madiun.

  • Asinan

Makanan khas daerah Bogor ini juga dibuat dari jenis buah-buahan dan sayuran yang disajikan dengan kuah yang terasa gurih dan pedas. Terkadang saat penyajiannya ada juga yang ditambahkan taburan tahu putih dan kacang goreng. Salah satu asinan yang terkenal seperti asinan rambutan.

  • Nigiri teri balado

Sajian ini berasal dari Padang, namun kini bisa dimodifikasikan menjadi kuliner internasional. Caranya padukan dengan sushi yang berasal dari Jepang sehingga nama sajiannya menjadi Nigiri Teri Balado. Tentukan target konsumennya masyarakat kelas atas sebab harga jual makanan ini lumayan tinggi.

  • Ayam geprek mozzarella

Sajian makanan ini adalah perpaduan antara makanan khas Italia dengan makanan khas Lombok. Ayam geprek memiliki rasa yang pedas dan gurih, namun akan menghasilkan rasa yang berbeda jika disajikan dengan keju mozzarella. Rasa ayam geprek akan melebur dengan gurihnya rasa mozzarella.

  • Foie grass duck timlo

Sajian nasi timlo ini adalah makanan khas daerah Solo yang selanjutnya dipadukan dengan foie grass. Menjadikan menu ini istimewa  yang juga dijual untuk masyarakat kalangan atas.

  • Lemper

Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang sering kita jumpai di acara-acara besar, pasar tradisional, dan juga lainnya. Lemper bisa dibilang menjadi sebuah jajanan tradisional yang bisa dimodifikasi dengan mudah lewat rasa modern.

Untuk isian lemper, orang-orang bisa memodifikasinya dengan topping yang jarang digunakan seperti daging ayam, sosis, ikan tuna dan lainnya. Selain itu, gunakan kemasan yang modern sehingga, orang-orang akan lebih suka dan mencari-carinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *