Aneka Pelatihan Rasa Triliunan Rupiah

Aneka Pelatihan Rasa Triliunan Rupiah

Aneka Pelatihan Rasa Triliunan Rupiah di Prakerja Jokowi

Aneka Pelatihan Rasa Triliunan Rupiah di Prakerja Jokowi – Ratusan ribu penerima manfaat program Kartu Prakerja telah mengakses lebih dari 2.000 jenis pelatihan sejak resmi Maret lalu.

Ragam jenis pelatihan dari langkah menjadi Youtuber profesional dan IDNPlay Deposit Pulsa XL hingga ilmu dasar usaha perikanan dapat diakses di 8 platform online pilihan pemerintah.

Melalui situs web skillacademy.com, penerima manfaat dapat mengakses ke lebih dari 100 bidang pelajaran yang diinisiasi oleh eks Stafsus Presiden Joko Widodo, Belva Devara.

Bagi mereka yang gemar memotret bisa membeli kelas fotografi lewat Buka Lapak. Kelas ‘Rahasia Jadi Pengusaha Online Sukses’ pun disediakan, “Kurikulum: menentukan produk dan target konsumen, mencari supplier, dan membuka toko online,” jelas Global Entrepreneur Talent Incubator (GETI).

Kelas berbisnis online pun marak dipasarkan, dari strategi pemasaran memenangkan hati Milenials dan Gen Z hingga mengoptimalkan pemasaran melalui Facebook.

Tak kalah, di platform Pijar Mahir tersedia kelas menjadi Youtuber untuk pemula, pelatihan membuat Logo menggunakan Canva, kelas pengenalan software Microsoft Word dan Excel, hingga ilmu manajemen waktu seperti mengatur produktivitas pribadi.

“Kursus terdiri dari 3 bahasan dan akan menjelaskan tentang cara menjadi Youtuber untuk pemula. Durasi kursus diperkirakan dapat diselesaikan selama 4 jam,” tulis pengajar kursus menjadi Youtuber Rizky R.

Setelah menyelesaikan pelatihan, sertifikat akan diberikan kelas senilai Rp150 ribu tersebut. Para pecinta kopi yang ingin memulai bisnis makanan minuman (mamin) dapat mengakses webinar belajar merintis kedai kopi susi kekinian, juga mempelajari pengetahuan dasar menjadi peracik kopi (barista).

MC profesional dapat mengakses webinar

Untuk mereka yang tertarik untuk menjadi MC profesional dapat mengakses webinar yang dibuat oleh mantan Puteri Indonesia, Zivanna Letisha.

Pilihannya dari belajar mengaji agar fasih membaca Al-Quran, pelatihan bahasa Inggris dan Mandarin, kiat-kiat sukses CPNS, kelas bisnis dan mengelola keuangan, hingga belajar kunci sukses wawancara kerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebut ada 233 lembaga pelatihan yang menawarkan jasanya di program peningkatan keterampilan sekaligus penyaluran bansos itu. Harganya pun beragam, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Tokopedia menggandeng setidaknya selusin lembaga pelatihan dari EF, Tempo Institute hingga Udemy demi menyediakan pilihan pelatihan yang beragam. Penerima manfaat dapat mengikuti kelas online ilmu jurnalistik dari cara menulis opini, infografis, hingga surat motivasi (motivation letter).

Keterampilan teknis pun dapat dijadikan pilihan, salah satu lembaga pelatihan, Mina Indonesia, menyediakan paket dasar usaha perikanan yang dapat dipelajari lewat gadget masing-masing.

“Merupakan pelatihan online mengenai skill usaha perikanan seperti dasar membuka usaha perikanan, jenis-jenis usaha yang dapat dibuat di bidang perikanan dan kelautan, pemasaran, peluang bisnis, hingga cara mencari distributor yang tepat,” jelas Mina Indonesia tentang kelas itu.

Lembaga pelatihan lainnya, Kelas, menawarkan modul belajar dengan para selebritas dari keterampilan menulis skenario film, keterampilan merias diri (bigleegs.com), hingga komunikasi di depan publik.

Namun seperti apa ekosistem pelatihan yang menelan dana triliunan dari APBN ini? Berikut adalah ragam pilihan pelatihan yang disediakan masing-masing platform e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *