Beberapa Fakta Lumba-lumba

Beberapa Fakta Lumba-lumba

Beberapa Fakta Lumba-lumba

Beberapa Fakta Lumba-lumba – Berbagai fakta lumba-lumba berikut menceritakan semua tentang hewan yang menarik ini, termasuk penampilan, habitat, pola makan, teknik berburu, dan bagaimana mereka bereproduksi. Fakta menarik seputar lumba-lumba patut untuk disimak demi masa depan mamalia yang hebat ini.

Lumba-lumba menjadi salah satu hewan mamalia yang ramah terhadap manusia. Hewan ini juga dikenal memiliki tingkat IQ atau kecerdasan yang tinggi.

Walaupun hidup di air, lumba-lumba berbeda dengan binatang laut pada umumnya. Sebab, lumba-lumba bernafas dengan paru-paru untuk beraktivitas dan bukan insang.

Penampilan fisik lumba-lumba berbeda dari kebanyakan mamalia lainnya

Lumba-lumba memiliki tubuh kencang dan ramping yang memungkinkan mereka berenang dengan sangat cepat. Ada lebih dari 30 spesies dan sebagian besar memiliki warna kulit abu-abu yang terkenal tetapi ada beberapa spesies yang memiliki garis-garis hitam, bintik-bintik atau pola yang unik.

Ciri khas lumba-lumba adalah tidak memiliki rambut, membedakan mereka dari kebanyakan mamalia lainnya. Mereka masih dianggap mamalia karena menghirup udara, berdarah panas dan melahirkan anak.

Saling Mengetahui Nama

Lumba-lumba yang satu dengan yang lain saling mengetahui nama. Sebab berdasarkan sebuah studi, mereka memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi.

Adapun, cara berkomunikasi lumba-lumba layaknya sebuah telepon. Ia bisa mengetahui siapa yang tengah berbicara dengannya.

Lumba-lumba hidup di seluruh dunia

Sebagian besar jenis lumba-lumba melakukan yang terbaik di air laut beriklim sedang dan tropis. Mereka dapat ditemukan di seluruh dunia di hampir setiap perairan. Bahkan ada lumba-lumba yang hidup di air tawar. Mayoritas lumba-lumba dapat ditemukan di air hangat dan dangkal.

Tempat-tempat bagus untuk melihat lumba-lumba adalah di pelabuhan, teluk, dan laguna. Beberapa spesies lumba-lumba yang lebih besar dapat ditemukan di daerah yang lebih dingin, seperti daerah Kutub Utara dan Antartika.

Lumba-lumba dibagi menjadi dua kategori. Lumba-lumba pesisir hidup di perairan yang lebih hangat, sementara lumba-lumba lepas pantai dapat hidup di lingkungan yang lebih dingin.

Bisa Membunuh Anaknya Sendiri

Jenis lumba-lumba hidung botol diketahui bisa membunuh anaknya sendiri. Selain itu, jenis ini memiliki kebiasaan melempar mangsanya ke atas permukaan laut menggunakan ekornya.

Kemudian, lumba-lumba menangkap sang mangsa untuk dimakan.

Lumba-lumba kembar sungguh langka

Lumba-lumba tidak memiliki musim kawin tradisional. Meskipun biasanya ada puncak di musim semi dan gugur, lumba-lumba kawin sepanjang tahun dan diyakini sebagai satu-satunya mamalia lain di planet ini selain manusia yang kawin untuk bersenang-senang, tetapi ini masih dalam perdebatan.

Masa kehamilan berlangsung antara 9-17 bulan, tergantung pada spesiesnya. Ketika tiba saatnya untuk melahirkan, betina akan memisahkan diri dari kelompoknya, biasanya menuju ke permukaan air. Kembar jarang terjadi, biasanya hanya satu anak yang lahir dan mereka akan tinggal bersama ibunya selama 3-8 tahun ke depan.

Tidur dengan Satu Mata Tertutup

Bila hewan tidur dengan menutup kedua matanya, maka lumba-lumba berbeda. Sebab, hewan ini diketahui hanya menutup satu matanya saat tertidur karena hanya setengah otaknya yang masuk dalam mode tidur.

Tidur menjadi aktivitas yang agak sulit bagi lumba-lumba karena mereka bernapas menggunakan paru-paru. Sehingga harus naik ke permukaan setiap akan bernapas.

Hidup Selama 15 Tahun

Usia hidup lumba-lumba rata-rata hanya selama 15 tahun. Singkatnya masa hidup hewan ini dikarenakan daya tahan tubuhnya yang rentan terhadap virus, bakteri, hingga jamur.

Walaupun begitu, ada beberapa jenis lumba-lumba yang bisa hidup hingga 50 dan 60 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *