Burung yang Mampu Terbang Jauh Ratusan Kilometer Sehari

Burung yang Mampu Terbang Jauh Ratusan Kilometer Sehari

Burung yang Mampu Terbang Jauh Ratusan Kilometer Sehari

Burung yang Mampu Terbang Jauh Ratusan Kilometer Sehari, – Selama ini, ilmuwan hanya mengetahui berapa ketinggian yang dicapai oleh elang dan memperkirakan bahwa jangkauan elang bisa sangat jauh. Namun peneliti masih belum bisa membuktikan seberapa jauh rute elang yang dapat ditempuh selama mereka hidup.

Burung termasuk hewan bertulang belakang atau kita biasa menyebutnya vertebrata. Dengan bulu dan sayap yang mereka miliki, tentunya hewan yang satu ini sangat mudah untuk dikenali. Jenis burung yang ada di dunia sangatlah beragam, mulai dari burung kolibri yang kecil sampai burung albatros yang besar.

Setiap burung memiliki keunikan masing-masing yang tak dimiliki oleh burung lainnya. Ada yang bisa terbang dengan kecepatan tinggi, ada yang bisa menyelam di air, ada pula yang bisa terbang sangat jauh hingga melintasi benua.

Elang emas

Elang emas dapat dijumpai di banyak tempat di dunia, mulai dari Asia, Eropa, Amerika Utara, hingga Afrika Utara. Jenis yang satu ini bisa mencapai kecepatan hingga 320 kilometer per jam saat menukik untuk menangkap mangsanya.

Dalam berburu, elang tidak dapat menggerakkan bola matanya, sehingga untuk mendapat sudut pandang yang luas, mereka harus memutar kepalanya. Elang emas sendiri mampu terbang sejauh 360 kilometer dalam sehari.

Walet

Burung yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, walet memang banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Habitat walet biasanya berada di pantai, gua, hingga pemukiman warga.

Dalam sehari, burung ini mampu menempuh jarak hingga 677 kilometer. Fakta menarik lainnya, walet bisa tidur dan makan dalam keadaan terbang serta dapat mengudara 10 bulan tanpa henti.

Peregrine

Peregrine falcon atau kita mengenalnya dengan sebutan alap-alap kawah ini dapat dijumpai di seluruh penjuru dunia kecuali Antartika. Burung ini juga dikenal sebagai yang tercepat di dunia, ia mampu mencapai kecepatan 200 kilometer per jam saat terbang horizontal serta 320 kilometer per jam saat menukik. Dalam sehari, peregrine falcon mampu terbang hingga sejauh 1.290 kilometer.

Kolibri berleher rubi

Kolibri berleher rubi merupakan satu dari banyak jenis burung kolibri yang ada di dunia. Burung ini biasa menghabiskan waktu musim dinginnya di Florida, Amerika Tengah, hingga Meksiko sebelum melakukan migrasi ke Amerika Utara pada musim panas untuk berkembang biak. walaupun bobotnya hanya sekitar berat uang logam, kolibri berleher rubi mampu terbang sejauh 800 kilometer dalam sehari.

Albatros

Albatros sendiri merupakan burung terbang yang terbesar, dengan bentang sayap lebih dari 3 meter. Burung yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di lautan ini banyak di jumpai di Samudra Pasifik Utara dan Antartika.

Mereka biasanya akan membuat sarang di sebuah pulau terpencil yang terletak di tengah samudra. Dengan memanfaatkan teknik terbang melayang, albatros bisa menghemat energi serta mampu terbang sejauh 800 kilometer sehari.