Cara Budidaya Ikan Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame – Bagi anda yang saat ini berniat untuk mencoba suatu usaha, banyak peluang usaha yang bisa dicoba. Misalnya saja yaitu usaha budidaya ikan. Mencoba berbudidaya ikan konsumsi seperti budidaya ikan gurami memang bisa memberikan keuntungan yang besar. Terlebih lagi rasa ikan gurami ini sangat lezat. Sehingga banyak dicari oleh konsumen.

eperti yang banyak orang tau, ikan gurame merupakan jenis ikan yang memiliki prospek bisnis cerah untuk di budidayakan, asalkan dengan proses dan cara yang benar.

Cara dan teknik budidaya ikan gurame bisa di lakukan dengan berbagai cara, ikan gurame dapat di budidayakan pada kolam terpal, kolam tanah, dan kolam tembok sekalipun.

Proses budidaya ikan gurame memang membutuhkan waktu yang cukup lama, hal itulah yang membuat ikan gurame mahal di pasaran, apalagi ikan gurame dengan ukuran cukup besar.

Selain ikan gurame yang menjadi incaran masyarakat indonesia, budidaya ikan mas juga banyak dimintai oleh para pemula untuk mulai mengembangkan bisnis budidaya ikan.

Untuk memulai budidaya ikan yang satu ini, anda membutuhkan tempat yang benar-benar bisa digunakan untuk membudidaya ikan gurameh serta modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tips dan cara sukses budidaya ikan gurame dengan teknik dan metode yang benar.

Budidaya Ikan Gurami di Ember

Berbicara tentang ikan gurami, seringkali kita melihat bahwa budidaya ikan ini banyak dilakukan di kolam-kolam yang luas. Namun bagaimana jika kita tidak memilki lahan yang luas dan cukup? Tenang saja. Anda bisa menggunakan alternatif lainya yaitu dengan menggunakan ember sebagai tempat pembudidayaan.

Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal

Sebelum memulai untuk membudidaya ikan gurame, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan kolam terpal. Adapun beberapa tips yang penting anda ikuti sebagai berikut :

  • Anda harus menggali tanah dengan delaman sekitar 90 cm, kemudian pasang terpal pada galian tersebut.
  • Cara kedua yaitu buatlah kolam terpal tanpa menggali tanah. Itu artinya anda membuat kolam terpal di atas permukaan tanah, tanpa harus menggalinya. Hal tersebut di lakukan dengan menggunakan kerangka berbahan besi atau kayu. Lalu kerangka besi tersebut di rangkai hingga menyerupai bak, hal itu bertujuan untuk mengurangi beban terpal agar tidak berat saat di isi air.

Budidaya Ikan Gurami Di Kolam Tembok

Budidaya ikan gurami memang terbilang cukup mudah. Pasalnya, perawatanya pun sebenarnya cukup mudah jika anda bernar-benar telaten. Media yang dapat digunakan untuk melakukan pembudidayaan pun sebenarnya cukup beragam. Misalnya bisa menggunakan ember, kolam tembok, kolam kecil, kolam terpal dan lainya sehingga cukup efisien.

Budidaya Ikan Gurami di Kolam Kecil

Bagi anda yang ingin melakukan budidaya ikan gurami namun terhambat lahan sempit, sekali lagi tak perlu khawatir. Salah satu alternatif lainya yang dapat anda coba untuk budidaya ikan gurami yaitu menggunakan media kolam kecil. Pembudidayaan gurami dengan kolam kecil ini juga cocok di jadikan sebagai hiasan di pekarangan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *