Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati – Memelihara Ikan Koi hal yang paling di khawatirkan kematian ikan koi dalam jumlah banyak dalam waktu yang terbilang cepat.

Pada umumnya, penyakit ikan koi ini bisa menjangkiti sejumlah ikan baru yang belum atau telah dikarantina, selain itu mutu air atau pH, suhu serta sejumlah racun lainnya, ikan yang terlalu padat juga mempunyai pengaruh kepada kematian koi.

Perhatikan Gejala Penyakit Koi

Kematian ikan koi bisa terjadi sebab penyakit yang diderita ikan koi.

Untuk itu, kalian bisa mendeteksi penyakit tersebut dengan mengamati tanda gejala awal yang terjadi sehingga bisa diatasi dengan cepat.

Hindari Pemicu Penyakit Koi

Kalian sebagai pemelihara ikan koi juga harus menghindari sejumlah pemicu yang menjadi penyebab ikan koi terserang penyakit.

Manipulasi Air

Menaikkan suhu air sampai diatas 26 derajat celcius merupakan langkah yang bagus untuk menghindari kematian ikan koi setelah itu suhu bisa diturunkan secara perlahan.

Gunakan Ukuran Akuarium Yang Tepat

Apabila kalian memeilihara ikan koi di dalam media akuarium, maka pemilihan ukuran akuarium menjadi hal penting yang harus kalian pikirkan.

Ukuran akuarium harus sesuai dengan jumlah ikan koi yang akan dipelihara dalam akuarium itu .

Memilih Bibit Ikan Koi

Memelihara ikan koi di kolam ataupun di akuarium harus memperhatikan dari pemilihan bibit ikan koi yang baik.

Pemilihan bibit ikan koi memang bukanlah tidak mudah dilakukan akan tetapi bisa tetap terlihat dari fisik ikan koi yang akan anda beli.

Jangan Pakai Kolam Ikan Baru

Dalam kolam baru masih banyak kandungan racun serta semen dan cat yang sangat berbahaya untuk ikan koi dan bisa menyebabkan ikan koi mati.

Jaga Kadar Oksigen Dalam Kolam

Kualitas oksigen juga penting dalam pertumbuhan ikan koi. Jika kualitas oksigen berkurang, maka menyebabkan ikan koi lebih sering muncul ke permukaan. Untuk mengambil oksigen tambahan yang tidak bisa didapat dari air.

Perhatikan Ikan Koi Baru

Penyebab ikan koi jadi mudah mati selanjutnya ialah karena tambahan ikan koi baru. Yang akan sangat mempengaruhi ikan koi yang telah lebih dulu menghuni kolam.

Hindari Pestisida Dalam Air

Jika kolam ikan koi yang anda punya dialiri oleh air dari selokan, maka bisa mengakibatkan pestisida ikut masuk ke dalam kolam ikan koi tersebut.

Selain itu, air hujan yang turun melalui genting juga akan membuat pestisida ikut masuk ke kolam ikan.