Cara Memelihara Ular Sanca Kembang

Cara Memelihara Ular Sanca Kembang

Cara Memelihara Ular Sanca Kembang

Cara Memelihara Ular Sanca Kembang – Python Reticulatus atau biasa dinamakan ular sanca, ular sawah, sanca kembang dan lainnya sebab banyak daerah yang menamakanya dengan nama sesuai daerahnya.

Ular ini adalah ular yang Termasuk sangat panjang dan besar dengan ukuran tubuh bisa mencapai 11 Meter.

Dengan berat bisa mencapai 150 Kg lebih, umur ular ini bisa mencapai 30 Tahun.

Ular Retic ini termasuk ular yang tidak berbisa sebab ular ini membunuh mangsanya dengan cara melilitkan tubuhnya.

Pada mangsanya sampai mangsa tersebut akan kekurangan oksigen kemudian mati barulah Retic akan memakan mangsanya.

Ular Retic ini mempunyai habitat dihutan hujan tropis dan tersebar diberbagai negara seperti Asia Tenggara, Filipina, dan Indonesia.

Sanca kembang sangat mudah diidentifikasi dari motif jaring atau rantai dengan warna dasar perak (abu-abu) atau perak coklat.

Motif punggungnya bergaris tepi hitam dan kuning, orange atau coklat bintik-bintik disamping badannya berwarna terang, tubuhnya memantulkan warna seperti Hologram (pelangi).

Makanan Ular Reticalutus

Jika di habitat aslinya ular ini banyak memangsa hewan pengerat seperti Tikus, kelinci, marmut dan lainnya selain itu Python Reticulatus ini juga bisa memangsa unggas seperti burung, Ayam, Bebek, angsa.

Dan jenis unggas lainnya, untuk Retic yang berukuran besar sudah bisa memakan babi hutan, rusa, Kambing, bahkan Sapi milik warga sekitar.

Tetapi bila sudah dijadikan hewan peliharaan biasanya keeper memberikan makan ayam, tikus putih, bahkan bila sudah ukuran 3 Meter lebih biasanya diberi anak kambing.

Untuk jangka pemberian pakan biasanya diberikan seminggu sekali disesuaikan dengan ukuran ular untuk ular ini tergolong rakus dan dikenal sebagai pemakan sampah atau pemakan segala yang diberikan.

Karena kebiasaan makan yang besar bahkan Retic ada yang memberi makan 3 hari sekali.

Tetapi pola makan seperti itu kurang baik mengakibatkan ular akan mengalami obesitas atau masalah pencernaan sehingga ular mudah mati mendadak.

Kandang Ular Reticalitus

Untuk pemeliharaan kandang tidak terlalu luas minimal 2/3 ukuran tubuh ular atau bisa disesuaikan dengan ukuran ular itu.

Karena ular cenderung mudah stres bila berada diruangan yang terlalu luas namun bila ruangan luas bisa dipakai tempat bersembunyi (Hidding Cave).

Dalam pemilihan kandang biasanya untuk ukuran baby para reptiler banyak memakai toples makan, Box peralata.

Dan juga bisa memakai akuarium yang mempunyai penutup karena ular ini sangat handal dalam melarikan diri. Untuk alas bisa memakai koran, kertas, serutan kayu dan lainnya.

Pemeliharaan Ular Reticalitus

Python Reticulatus mempunyai  karakter yang tergolong agresif dan susah ditebak serta tidak dianjurkan.

Untuk mereka yang baru memulai memelihara reptil, ular ini sangat cepat dalam pertumbuhannya dan nafsu makan sangat besar.

Jika kalian tidak mempunyai tempat yang luas dan anggaran yang memadai sangat tidak dianjurkan untuk memelihara ular jenis ini.

Untuk proses shedding sama seperti ular pada umumnya yang mempunyai priode sekitar 1 bulan 1x untuk ukuran baby sedangkan untuk ukuran dewasa akan semakin lama dalam proses ganti kulitnya.