Cara Mengenal dan Menjinakkan Musang

Cara Mengenal dan Menjinakkan Musang

Cara Mengenal dan Menjinakkan Musang

Cara Mengenal dan Menjinakkan Musang – Musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa dari suku Viverridae. Hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam dan pemanjat yang baik. Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan di malam hari.

Banyak orang yang ingin tahu tentang cara mudah menjinakkan musang. Meski termasuk ke dalam kategori hewan buas, ternyata musang bisa dijinakkan. Menjinakkan musang memang susah-sauh gampang. Kita harus memiliki kita perlu ketelatenan dan kesabaran yang tinggi dalam menjinakkan hewan yang satu ini.

Sama halnya dengan kelelawar, sebagai hewan nokturnal musang bisa mengetahui perasaan pemiliknya hanya lewat pandangan atau kontak mata. Maka semakin takut kita terhadap musang, semakin berani dia terhadap kita. Inilah cara-cara menjikkan musang yang efektif

Karakteristik Musang

karakteristik musang

Mereka aktif pada malam hari dan beristirahat di pohon-pohon ketika siang hari. Musang mulai aktif dari senja hingga fajar, mereka menjadi lebih aktif di malam gelap daripada mereka diterangi oleh terang bulan.

Mereka cenderung lebih aktif pada awal senja, terkadang ada juga yang mencari makanan pada siang hari. Ketika musang pandan beristirahat, mereka meringkuk di lubang pohon, di dalam celah-celah batu, dan di batang pohon bambu.

Musang jantan jauh lebih aktif daripada betina, musang jantan yang dominan menguasai wilayah lebih aktif daripada yang lain.

Semua musang akan lebih aktif ketika persediaan makanan cukup banyak dan ketika predator lebih sedikit berada di luar. Kehadiran makanan juga mempengaruhi musang memiliki wilayah yang tumpang tindih atau tidak. Tetapi ketika musang perlu mencari makanan mereka biasanya berjalan ke wilayah lain.

Tapi jika memang sudah terpojok, musang pandan akan membela dirinya dengan menaikan bulu-bulu di ekornya agar terlihat lebih besar. Lalu mereka membuka mulutnya dan memamerkan taringnya.

Habitat Musang

Musang adalah hewan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan dapat hidup di berbagai habitat. Secara alami mereka hidup di hutan beriklim sedang dan tropis.

Pola hidup mereka dipengaruhi oleh distribusi sumber daya pangan dan predator pemangsa mereka. Musang bersifat arboreal artinya hewan-hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pepohonan atau semak belukar.

Di habitatnya, musang sering dijumpai di pohon aren, pohon bambu, pohon kelapa sawit, pohon kolang-kaling, pohon palem, dan terkadang di pohon kelapa.

Cara Efektif Menjinakkan Musang

Seperti yang sudah saya katakan, menjinakkan musang memerlukan cara khusus. Kesabaran juga menjadi kunci penting dalam menjinakkan musang. Berikut cara efektif menjinakkan musang.

Hilangkan Rasa Takut

Hal pertama dalam menjinakkan musang adalah menghilangkan rasa takut. Semakin takut kita terhadap musang tersebut maka akan semakin liar dan buas musang itu.

Siapkan Peralatan

Seperti yang kita tahu bahwa musang memiliki taring dan cakar yang tajam. Untuk mengantisipasi agar kita tidak tergigit atau terkena cakarannya, kita memerlukan beberapa peralatan dalam penjinakkan musang. Alat-alat yang dibutukan yaitu:

  • Jaket tebal
  • Sarung tangan
  • Handuk kecil
Persiapkan Kandang

kandang musang

Kita tahu bahwa musang adalah hewan nokturnal, maka dari itu penempatan kandang harus diperhatikan. Seperti kebiasaanya di alam liar, musang aktif di malam hari yang berarti ia menyukai tempat yang sepi dan tidak terlalu ramai.

Jangan tempatkan musang di tempat yang suhunya terlalu panas, karena musang aktif di malam hari dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Lakukan Interaksi

interaksi dengan musang

Jika musang masih saja galak, Sahabat Biru harus lebih sering melakukan interaksi dengan musang. Jenguklah musang setiap hari, lakukan interaksi dengan  musang  minimal 10 menit setiap harinya. Hal ini sangat bagus dalam proses penjinakkan musang.

Menjaga Kebersihan Musang

musang bersih

Langkah selanjutnya dalam menjinakkan musang yaitu dengan cara memandikannya. Di awal-awal sering lah memandikan musang kita. Memandikan musang berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi isting liar yang dimilikinya.

Jangan pernah memandikan musang yang masih liar dengan tangan kosong karena sangatlah beresiko. Bisa saja musang yang masih liar langsung menggigit tangan.

Memberi Makan

musang makan

Pemberian makan pada musang harus sering diperhatikan, karena hewan ini makannya cukup banyak. Musang diberikan makanan 2 hingga 4 kali setiap harinya.

Kapasitas makan yang diberikan juga tidak boleh berlebihan atau kekurangan. Musang yang terlalu gemuk akan mengalami gangguan kesehatan, begitu juga dengan musang yang kurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *