Cara Merawat Iguana Bagi Pemula Lengkap

Cara Merawat Iguana Bagi Pemula Lengkap

Cara Merawat Iguana Bagi Pemula Lengkap

Cara Merawat Iguana Bagi Pemula Lengkap – Iguana adalah marga kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Kadal-kadal ini dideskripsikan pertama kali oleh seorang ahli hewan berkebangsaan Austria, Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768.

Sejauh ini, genus Iguana hanya terdiri dari dua spesies, yaitu iguana hijau (Iguana iguana) dan iguana Antilles Kecil (Iguana delicatissima). Cara Merawat iguana sendiri sebenarnya cukup mudah, sehingga banyak masyarakat yang mulai memilih hewan ini di rumah.

Tertarik untuk pelihara Iguana? Yuk, kenalan dulu dengan reptile yang satu ini!

Si Kadal Berukuran Besar

Ciri-ciri fisik yang diakui oleh iguana diakui terlihat seperti kadal besar. Warnanya dapat berubah sesuai dengan bentuk respons alami visual, contohnya warna kuning, jingga, merah muda, hijau, serta biru.

Namun, pada umumnya warna tubuh iguana adalah hijau. Selain itu, kerutan kulit yang terdapat di bagian bawah rahang dan kaki, dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin dari iguana tersebut.

Ukuran iguana yang masih bayi adalah 25-30 cm, sedangkan iguana yang sudah dewasa memiliki panjang mencapai 1,8 meter. Bahkan, ada yang bisa melampaui hingga 2 meter.

Sementara itu, usia yang dialokasikan untuk hewan ini berkisar antara 15-20 tahun. Iguana dewasa juga memiliki warna tubuh yang terbilang cukup unik, karena cenderung berubah warna coklat atau oranye yang terlihat dari garis pada bagian ekor.

Inilah Cara Merawat Iguana Bagi Pemula

Iguana dapat dibor menjadi hewan yang jinak. Kebanyakan memiliki fisik. Hewan ini mudah patuh dan tidak berbahaya nyawa pemiliknya.

Hanya saja, untuk menjinakkan kadal besar ini, diperlukan kesabaran dan pelatihan terus-menerus. Lama-kelamaan, hewan akan mudah dan mudah dijangkau dengan Lingkungan dan orang baru di sekitarnya.

Merawat iguana bisa dibilang gampang-gampang susah. Tentu saja, hewan ini tidak boleh sembarangan. Untuk itu, sangat penting bagi tau bagaimana langkah-langkah untuk merawat reptil yang satu ini.

Yuk, pelajari cara merawat iguana berikut ini:

1. Beri Makan Secara Rutin dan Teratur

Makanan yang tepat dan teratur merupakan salah satu faktor utama perkembangan tubuh hewan iguana. Sama halnya dengan manusia, yaitu membutuhkan makan tiga kali dalam sehari. Pagi, siang, dan sore hari.

Iguana pun membutuhkan asupan makanan sebanyak tiga kali sehari dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Sebaiknya, jenis makanan yang diberikan juga beragam, dibawa iguana tidak mudah bosan.  Sebagai contoh, campuran pakan terdiri dari biji-bijian sebesar 45%, sayur-sayuran seperti sawi hijau sebanyak 40%, dan buah-buahan sebanyak 10%.

2. Dapatkan Ada Kebutuhan Air Bersih di Kandang

cara merawat iguana

Dibutuhkan air bersih di rumah. Hal ini mengingat bahwa iguana bisa saja diambil kehausan setelah menyantap makanan yang diberikan. Tidak hanya setelah makan, dipindahkan hewan juga minum setelah dipindahkan.

Selain itu, minuman yang diberikan ke hewan peliharaan, diberikan bukan air mentah. Karena, hal tersebut dapat berdampak terhadap pertumbuhan hewan itu sendiri.

Air minum yang diberikan ke dalam iguana diberikan air matang yang dimasukkan ke dalam yang cukup besar. Dikarenakan, saat iguana mengonsumsi udara, ganti terlihat iguana masukkan dikembalikan ke dalam udara.

3. Rutin Membersihkan Kandang Iguana

Kebersihan kandang atau tempat tinggal iguana juga menjadi kunci sukses tumbuh kembang iguana yang sehat. Kondisi tempat disesuaikan dengan habitat (tempat asal), yaitu daerah tropis.

Negara Indonesia sudah termasuk negara yang memiliki iklim tropis. Dibutuhkan, sangat mudah untuk menyiapkan kandang yang ideal untuk iguana. Dapatkan tempat duduk di tempat yang mendapat pencahayaan yang baik.

Pentingnya sinar matahari langsung. Karena, sinar UV yang ada di matahari sangat bagus di dalam pertumbuhan tulang, kulit, dan juga makanan hewan.

Kebersihan di dalam kandang juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit terhadap iguana. Penyakit yang dapat membangkitkan iguana jika tidak mendapatkan kondisi yang bersih.

4. Penting Untuk Mengumumkan Temperatur atau Suhu Lingkungan Iguana

cara merawat iguana

Iguana yang dikonsumsi dengan Kondisi Lingkungan yang Hangat. Temperatur yang sangat cocok untuk habitat iguana adalah 26 o C hingga 29 o C. Sementara suhu yang baik untuk berjemur yaitu 32 o C hingga 35 o C.

Untuk memberikan suhu yang sesuai, diperlukan pada bagian luar yang disimpanelkan termometer ruangan. Tetap, lebih mudah untuk mengkondisikan agar agar tetap dipertahankan.

Untuk bagian alas, biasanya menggunakan koran, karpet, atau serbuk kayu untuk memberikan kenyamanan terhadap iguana. Suhu kelembaban yang dikeluarkan oleh hewan ini adalah pada 65% -75%.

Caranya adalah dengan menyemprotkan dua kali sehari atau menggunakan mesin khusus.

5. Hubungi Kondisi Kesehatan Iguana

Kesehatan iguana dapat mengingatkan dengan cara memilih hewan dalam jarak yang dekat. Cara merawat iguana memang semudah yang dikunjungi. Luka atau sakit yang terlihat dapat dilakukan dengan penanganan yang tepat dengan mengoleskan obat yang sesuai dengan anjuran dokter hewan.

Akan tetapi, jika ada gejala lain yang sulit dilihat melalui penampilan luar iguana, maka segera periksakan ke dokter hewan terdekat.

Memelihara iguana dapat dilakukan dengan mudah, bisa juga tergolong dalam kategori sulit. Hewan reptil ini terbiasa dengan Lingkungan yang hangat dan lembab. Oleh sebab itu, penting bagi pemelihara untuk selalu memastikan kondisi yang nyaman bagi iguana.

Jika tidak, hewan dapat meningkatkan stres dan cenderung besar terhadap kesehatan. Bibit iguana yang unggul, akan menghasilkan anak iguana yang sama-sama unggul dengan pemeliharaan yang baik.

Jadi, jika memiliki iguana yang tidak kunjung tumbuh besar, amati terlebih dahulu bibit dari iguana yang dikeluarkan. Perlu diingat, kotoran hewan iguana jika dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama, maka akan berakibat tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, setiap kali terlihat hewan telah mengeluarkan kotoran, segera bersihkan. Jangan sampai menunggu menumpuk begitu saja di kandangmu!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *