Cara Merawat Kelinci dari Anakan

Cara Merawat Kelinci dari Anakan

Cara Merawat Kelinci dari Anakan

Cara Merawat Kelinci dari Anakan – Ada banyak jenis hewan yang umum dipelihara orang di rumahnya. Kelinci menjadi salah satu hewan yang dijadikan kesayangan pemiliknya selain kucing dan anjing. Tak hanya kelinci pedaging yang bakal diambil dagingnya untuk dikonsumsi, ada juga jenis kelinci hias berbulu lembut, unik, dan menggemaskan yang dipilih sebagai peliharaan, biasanya oleh mereka yang memiliki anak kecil. Tentunya cara merawat kelinci berdasarkan jenisnya ini punya kebutuhan masing-masing.

Kelinci sebenarnya mudah beradaptasi dengan gaya hidup di rumah, asalkan kebutuhannya terpenuhi. Pada umumnya, umur kelinci bisa mencapai 5 hingga 10 tahun, bahkan lebih. Agar kelinci berumur panjang, sehat, dan bahagia hingga beranak pinak, kamu perlu melakukan beberapa perawatan khusus, mulai dari menyediakan kandang yang nyaman dan hangat, makanan yang gizinya seimbang, dan waktu khusus bagi si kelinci untuk bermain dan berlarian.

Cara memelihara kelinci di rumah harus diperhatikan agar ia berumur panjang. Apalagi, kelinci adalah hewan peliharaan yang unik. Mereka memiliki kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang panjang, bahagia dan sehat.

Pada umumnya umur kelinci mencapai 5 hingga 10 tahun bahkan bisa lebih. Banyak orang yang memilih kelinci sebagai hewan peliharaannya karena menggemaskan dan juga berbulu lembut. Untuk memeliharanya, tentunya kamu perlu mengetahui berbagai kebutuhan kelinci terlebih dahulu.

Cara memelihara kelinci di rumah membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup. Jika tidak, mungkin saja kelinci peliharaanmu tidak akan hidup lama. Kelinci mungkin mudah dicintai, tetapi mereka tidak semudah itu dirawat. Cara merawat kelinci memang susah-susah gampang.

Kelinci harus hidup berdampingan biar umurnya panjang.

Cara merawat kelinci di rumah adalah dengan nggak membiarkannya hidup sendirian. Kelinci termasuk hewan sosial, kebanyakan akan jauh lebih bahagia ketika berpasangan atau hidup bersama-sama dengan kelinci lainnya.

Menyediakan Kandang yang Nyaman

Cara memelihara kelinci di rumah yang pertama adalah menyiapkan tempat tinggal yang nyaman. Kandang kelinci harus ditempatkan di dalam ruangan, karena ia tidak dapat mentolerir suhu ekstrem dengan baik, apalagi pada musim panas.

Bahkan, hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan sehingga mereka dapat menderita stres hingga serangan jantung dan benar-benar mati ketakutan.

Kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah. Kandang kelinci harus berukuran minimal lima kali ukuran kelinci. Kelinci harus dapat benar-benar berbaring di kandangnya dan berdiri dengan kaki belakangnya tanpa menabrak kepalanya di atas kandang.

Jika meletakkan kelinci di kandang kawat, pastikan untuk melapisi lantai dengan kardus atau bahan lainnya. Letakkan kotak kardus atau “kondominium kelinci” di dalam kandang sehingga kelinci memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi, dan beri ia waktu tenang (kelinci biasanya tidur di siang dan malam hari, serta bermain main saat fajar dan senja).

Ketika kelinci ditaruh di kandang, mereka harus dikeluarkan selama beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Selain berlari dan melompat, kelinci juga senang menjelajahi lingkungan mereka. Ini adalah waktu yang ideal untuk bermain dan berinteraksi dengan kelinci. Pastikan bahwa ia memiliki area aman untuk bermain dan menjelajah.

Menyiapkan Kotak Kotoran

Masih terkait dengan kandang, kamu juga perlu menyiapkan kotak kotoran sebagai salah satu cara memelihara kelinci di rumah. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran kucing berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air.

Jika kelinci bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah, ada baiknya kamu memiliki kotak kotoran di beberapa tempat. Banyak kelinci menikmati menghabiskan waktu bersantai di kotak kotorannya, jadi pastikan ukurannya cukup besar.

Memberikan Makanan yang Seimbang

Cara memelihara kelinci di rumah yang sangat penting diperhatikan adalah pemberian makanan. Kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat. Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *