Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird – Kalian tahu apa itu burung lovebird yang terdapat dari benua Afrika ini sangatlah dicari banyak orang, terutama pada kalangan yang memiliki hobi mengkoleksi peliharaan burung lovebird.

Tidak hanya itu kenapa banyak yang memeliharannya, karena burung love bird itu memiliki karakteristik atau ciri khas yang sangat cantik dan unik.

Bukan hanya dari bentuk dan warna bulunya yang cantik dan sangat bervarian, lovebird ini memiliki suara kicau burung yang sangat merdu dan sangat nyaring, maka tak heran juga harga yang di bandrolpun cukup relatif.

Namun pada segment kali ini saya tidak membahas soal harga akan tetapi saya akan bahas bagaimana cara perawatan yang baik dan tepat bagi si burung cantik lovebird ini.

Sering saya lihat kurangnya kepedulian dari pemilik burung love bird ini untuk memberikan perawatan yang baik bagi burung lovebird ini.

Lovebird merupakan jenis burung genus Agapornis. Burung berparuh bengkok ini berukuran kecil, sekitar 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram. Lovebird merupakan burung bersifat sosial atau berkoloni. Disamping warna tubuhnya yang indah, burung paruh bengkok ini ternyata mempunyai suara ngekek yang panjang. Ngekek berdurasi panjang adalah sebuah ciri khas dari kicauan Lovebird. Walaupun tidak mudah merawat lovebird harian ngekek panjang, maka itulah keunikan dari memelihara Lovebird.

Cara merawat burung lovebird ngekek panjang tentu bukan hal yang mudah bagi seorang pemelihara burung awam. tapi jika bagi mereka yang sudah lama memelihara burung sudah pasti memiliki banyak pengalaman untuk cara merawatnya.

Apabila merawat lovebird dengan maksut untuk diperlombakan, maka jika ingin memperoleh ngekek yang panjang bukanlah perkara yang instan. Pemberian asupan gizi berupa EF, pakan bijian terbaik dan perawatan lovebird harian lah yang mampu memacu supaya lovebird mau ngekek panjang.

Perawatan lovebird harian yang baik itu harus benar, baik, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter dari burung itu sendiri. Jika anda sudah melakukan perawatan Lovebird secara konsisten, maka peluang burung paruh bengkok tersebut ngekek panjang juga semakin besar

Sebelum membaca lanjut tentang cara merawar lovebird agar ngekek panjang, kicau mania harus tahu pakan lovebird harian supaya mendongkrak suara kicauannya ngekek panjang.

Dilihat dari Faktor Keturunan dan Lingkungan

Agar Lovebird ngekek, harus diperhatikan dulu dari keturunan dan juga lingkungan. Faktor keturunan yang bisa membuat lovebird ngekek berdurasi panjang hanyalah berkisar 40-50%. Untuk lingkungan, burung cinta (lovebird) bisa dilihat dari suasana tempat yang ditempati burung itu sendiri.misalnya dari model, bentuk, keadaan kandang. Karena faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan burung mau ngekek panjang atau tidaknya.

Pakan Burung Lovebird

Pakan burung merupakan hal yang penting untuk di perhatikan, terutama pakan pada lovebird tidak sembarangan ketika kalian pecinta lovebird memberikan pakannyapun harus sangat di perhatikan tapi saya sarankan untuk memberikan makanan berupa biji-bijian.

Berikan juga sayuran misalnya kngkung,terlebih lagi ketika lovebird sedang dalam masa proses perkawinan disarnkan memberikan makanan berupa jagung.

Dan perlu di perhatikan juga jangan kebanyakan memberi pakan pada burung lovebird ini karena juga terbilang burung yang doyan makan alias rakus, dan ini menyebabkan gangguan pada pencernaan si burung lovebird ini.

Cuaca dan juga Permasteran

Terkadang perbedaan cuaca yang tidak menentu dan pola perawatan sobat yang tidak BENAR, ini akan mengakibatkan Lovebird anda menjadi mudah sakit. Jika dalam hal pemasteran, anda bisa melakukannya terhadap lovebird muda. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempelkan sangkar di dekat burung masteran. Lakukan pemasteran secara rutin, atau bisa juga setiap hari. Perlu diingat, pemesteran Lovebird sejak dini sangat memiliki pengaruh apalagi disaat ingin diikutsertakan kontes dan lomba burung. Nah, beberapa suara masteran yang baik untuk Lovebird antara lain, Cililin, Kenari, Belalang, Tengkek Buto, Cucak Jenggot, dan Ciblek Gunung.

Mengecek Kesehatan Burung Lovebird

Bagi para kalian yang baru memelihara burung lovebird perlu di perhatikan sekali kesehatannya karena pastinya kita belum tau kesehatannya dari burung tersebut.

Sebaiknya saya sarankan untuk di bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih detail, agar terhindar dari virus dan penyakit yang membahayakan.

Dan bukan hanya pada pertama pemeliharaan selain itu juga perlu di perhatikan lagi ketika burung lovebird ini berbeda dari biasanya semisalnya burung lovebird ini lebih terlihat pasif, tidak berkicau riang dari biasanya.

Maka kita perlu perhatikan dan perlu kita tindak lanjuti untuk kita bawa ke dokter hewan. Bukan hanya sudah tidak lagi aktif itu juga perlu mengasihkan vaksin pada burung lovebird.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *