Cara Merawat Sugar Glider Atau Tupai Terbang Dengan Baik

Cara Merawat Sugar Glider Atau Tupai Terbang Dengan Baik

Cara Merawat Sugar Glider Atau Tupai Terbang Dengan Baik

Best Faucet Rotator V32: Tips Cara Memelihara Tupai Terbang (Sugar ...

Cara Merawat Sugar Glider Atau Tupai Terbang Dengan Baik – Banyak sekarang yang memelihara tupai terbang namun masih ada juga yang belum paham dengan Cara Merawat Tupai Terbang Dengan Baik ? Jika kalian belum mengerti dengan cara merawat tupai, Berikut ini kami telah membuat informasi mengenai cara merawat tupai terbang.

Tupai Terbang merupakan salah satu jenis bajing yang memiliki kemampuan untuk terbang. Walaupun tupai ini bisa terbang, bukan bearti tupai bisa terbang selincah burung pada umumnya. Karena tupai dapat menempuh jarak 135 hingga 450 meter ketika saat terbang, dan bisa tupai dengan cara melompat dari pohon ke pohon. Tupai terbang bisa terbang karena di bantu oleh selaput yang menghubungkan tangan dan kakinya serta ekor yang membantu keseimbangan saat terbang.

Pada umumnya panjang tubuh tupai ini bisa mencapai 26-30cm, dengan berat tubuh 115gram. Warna tupai terbang ini adalah abu-abu kehitaman.Tupai terbang ini hidup pada ketinggian 1.000 m di hutan primer, hutan sekunder terdegradasi , dan daerah di budidayakan. Tupai terbang ini juga sangat berbahaya bagi para petani perkebunan, karena tupai ini bisa menjadi hama di perkebunan.

Apakah kalian ingin mencoba untuk pelihara tupai terbang ini? Jika ingin kalian bisa mencoba dengan  cara merawat tupai terbang  yang kami berikan di bawah ini :

Lokasi Yang Baik Untuk Tupai 

Untuk beternak tupai terbang, kalian bisa mencari lokasi yang pas buat tempat letak kandang tupai terbang ini. Untuk lokasi tidak ada berpengaruh mau tinggi atau rendah, asalkan menurut kalian lokasi tersebut sudah aman makan kalian bisa mempersiapkan lokasi tersebut.

Untuk lokasi kalian bisa memilih di belajngan rumah atau di depan rumah, namun lokasi tersebut harus dalam ke adaan di dalam rumah. Agar tupai tidak kedinginan dan kepanasan ketika cuaca sedang hujan atau panas.

Kandang Yang Nyaman Buat Tupai 

Dalam pelihara hewan apapun maka yang harus kalian siapkan adalah kandangnya. Kalian harus paham bahwa kandang adalah faktor penting dalam pelihara tupai terbang ini. Jika kalian ingin tupai jinak dan betah tinggal di kandang yang kalian siapkan. Maka kalian harus mempersiapakan segala alat agar tupai selalu nyaman dengan kandang yang kalian siapkan.

Kanda adalah peganti habitat asli tupai, jadi kalian harus membuat kandang hapir mirip seperti habitat asli tupai. Kalian bisa membuat sarang yang di mana untuk tupai beranaka ketika sudah kawin dengan pejantan. Dan kalian bisa menaruh rumput-rumputan atau jerami agar tupai selalu dalam keadaan hangat.

Makanan Berkualitas Untuk Tupai 

Tupai terbang ini merupakan hewan amnivora yaitu pemakan tumbuhan dan hewan dan tupai ini juda menyukai makanan manis. Jadi kami sarankan agar tupai selalu sehat kalian bisa memberikan tupai makan yang penuh dengan protein dan giji.

untuk makanan yang bisa kalian berikan seperti :

  1. Sayur
  2. Buah
  3. Bunga
  4. Nectar dan serangga (jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman)
  5. bubur bayi
  6. Protein booster
  7. Yoghurt
  8. Bee Polen
  9. Kalsium
  10. Tepung serangga dan susu khusus

Makana yang ada di atas bisa kalian berikan secara berganti-ganti. Agar supai tidak mudah bosen kalian bisa memilih setiap menu, kalian bisa memberikan makanan pada pagi, siang, sore.

Perawatan Tupai 

Kalian harus paham bahwa tupai terbang ini merupakan hewan yang paling mudah terkena penyakit. Tupai terbang sering terkena penyakit radang paru ( Phebomia). Untuk mengetahui tupai terkena gejala penyakit ini, kalian bisa lihat apabila ketika tupai sedang tidur dan pada nafasnya terdengar suara “Klik”. Jika kalian sudah mengetahui kalian bisa langsung beri obat anti biotik, atau kalian bisa membawa tupai ke dokter hewan.

Buka hanya itu saja tupai juda sering terkena penyakit diare, apabila kotoran tupai encer yang akan menyebabkan tupai menjadi tidak nafsu makan dan minum. Jika sudha malam makan dan minum maka penyebabnya adalah kematian pada tupai kalian.

Jangan lupa untuk membersihkan kandang tupai, ingat jika kandang sudah kotor maka kalian bisa membersihkan kandang terlebih dahulu. Kandang yang kotor memiliki bakteri yang akan membuat tupai menjadi mudah terserang penyakit, dan akan menyebabkan kematian pada tupai.

Hindari Dari Hewan Predatator 

Walaupun tupai merupakan hama bagi para petani, kalian harus perhatikan kembali bahwa tupai ini merupakan makan para hewan predator. Biasanya yang memangsa tupai adalah seperti musang, burung hantu, ular, rumah kucing, anjing. Jadi agar hewan peliharaan hewan kalian tetap aman kalian harus menjaga dengan benar.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *