Cara Mudah Melatih Anjing di Rumah

Cara Mudah Melatih Anjing di Rumah

Cara Mudah Melatih Anjing di Rumah

Cara Mudah Melatih Anjing di Rumah, – Anak anjing harus dilatih melakukan berbagai hal agar ia bisa bertumbuh menjadi anjing yang baik. Ia tidak dilahirkan untuk mengerti bagaimana cara bermain dengan baik. Buang air di tempat yang ditentukan di halaman, dan berjalan dengan tali kekang di samping Anda.

Anda mungkin harus menghabiskan beberapa bulan untuk mengajarkan anak anjing agar bisa melakukan semua hal ini. Gunakan gaya latihan yang tegas namun lembut untuk membimbing anjing melakukan latihan yang perlu dipelajarinya. Dengan segera, ia akan tumbuh menjadi anjing yang matang dan berperilaku baik dan mendapat tempat khusus dalam keluarga Anda.

Memiliki seekor anjing adalah cita-cita sebagian orang sejak lama. Setelah memilikinya, tak sedikit pemilik yang bingung bagaimana cara melatih hewan berkaki empat ini. Kadang, kita kesal karena anjing semakin bandel dan tidak kunjung patuh.

Beri perintah “sit” atau “duduk”

Menurut laman Cesar’s Way, ini adalah perintah kepatuhan basic yang mudah untuk diajarkan. Mulailah dengan mendekatkan camilan (treats) ke hidung anjing, lalu gerakkan tangan ke atas. Kepala anjing akan otomatis mengikuti gerakan tangan kita dan membuat pantatnya turun ke lantai.

Jika anjing sudah berada dalam posisi duduk, katakan “sit” dan berikan camilan serta elusan kasih sayang. Ulangi perintah ini setiap hari sampai anjing memahaminya.

Beri perintah “down” atau “berbaring”

Dibanding dua perintah sebelumnya, perintah “down” mungkin terasa lebih sulit. Untuk melakukannya, siapkan camilan dan pegang di tangan yang tertutup. Lalu, dekatkan tangan ke moncong anjing dan biarkan ia mengendusnya.

Saat anjing mengendus, gerakkan tangan ke lantai agar ia mengikutinya. Setelah anjing menurunkan tubuhnya, ucapkan “down” dan berikan camilan serta elusan kasih sayang. Tetapi, jika anjing mencoba untuk duduk atau melompat ke tangan kita, ucapkan “no” dengan tegas.

Perintah “down” berguna untuk menjaga agar anjing tetap tenang dan rileks, terutama bagi anjing yang sedang gelisah atau ketakutan, ungkap laman Cesar’s Way.

Beri perintah “stay” untuk diam di tempat

Untuk mempraktikkan perintah “stay”, anjing harus menguasai perintah “sit” terlebih dahulu. Pertama, minta anjing untuk duduk, lalu buka telapak tangan di depan anjing sembari mengatakan “stay” dan mundurlah beberapa langkah.

Jika anjing patuh, beri camilan dan elusan kasih sayang. Lakukan perintah ini berulang-ulang sampai anjing paham. Perintah “stay” adalah bentuk latihan pengendalian diri untuk anjing. Sebab, anjing diperintahkan untuk diam di tempat dan sabar menunggu.

Beri perintah “come” atau “kemari”

Ingin anjing mendatangimu ketika kamu memanggilnya? Pertama, tunjukkan camilan yang sangat disukai, lalu berjalanlah beberapa langkah sembari memanggil nama anjing dan ucapkan “come” dengan suara yang bersahabat dan menyenangkan, saran Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) di laman resminya.

Saat anjing mendatangimu, elus dengan lembut dan beri camilan kesukaannya. Secara bertahap, tingkatkan jarak dengan anjing sembari tetap memberi perintah yang sama.

Latihlah perintah “come” di dalam rumah lebih dulu, lalu coba di luar rumah. Jangan lupa beri pujian seperti “good boy” atau “good girl” jika anjing berhasil, ya!