Corona Berubah Jadi Krisis Ekonomi Global

Corona Berubah Jadi Krisis Ekonomi Global Indonesia

Corona Berubah Jadi Krisis Ekonomi Global

Corona Berubah Jadi Krisis Ekonomi Global – Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengatakan krisis keuangan dan ekonomi global saat ini sedang mengalami akibat virus corona pandemi (COVID-19). Karena virus ini sudah endemik di sebagian besar negara dan waktu yang sama melumpuhkan perekonomian.
Ketika krisis ekonomi dan keuangan global, bagaimana dapat mempengaruhi Indonesia?

Menurut kepala ekonom di Bank Permata Josua Pardede, krisis keuangan dan ekonomi global cepat atau lambat juga mempengaruhi perekonomian Indonesia. Sektor, yang pertama kali dilaporkan oleh krisis adalah sektor produksi dan pengeluaran.

“Transmisi-19 COVID berdampak pada perekonomian Indonesia mempengaruhi pandangan produksi dan pengeluaran ekonomi,” kata Josua AFP, Sabtu (28/03/2020).

Akibatnya, daya beli konsumsi masyarakat akan terpengaruh jika tidak diantisipasi oleh pemerintah.

“Konsumsi rumah tangga tahun ini diperkirakan menjadi faktor utama dalam menggerakkan roda perekonomian, tetapi tingkat pertumbuhan akan melambat. Dengan cara yang sama, daya beli masyarakat, cenderung menurun untuk mempertimbangkan hampir semua sektor ekonomi akan terpengaruh secara signifikan itu COVID-19, “katanya,

penurunan tingkat konsumsi daya dan pembelian diyakini paling dalam kasus daerah tergantung pada pariwisata sebagai sumber utama pendapatan.

“Tingkat konsumsi beberapa provinsi cenderung menurun sebanyak tujuan wisata,” tambahnya.

Penurunan sisi produksi juga berpengaruh di pasar keuangan di Indonesia mulai dari arus kas dan kinerja keuangan perusahaan untuk kredit perbankan.

“Diperkirakan untuk mempengaruhi arus kas dan kinerja keuangan sebagian besar perusahaan, terutama mereka dengan risiko mata uang. Oleh karena itu, penurunan produktivitas sektor riil di Indonesia lebih kondusif untuk peningkatan risiko kredit perbankan , seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan kredit macet judi bola deposit pulsa (non-kumulatif pinjaman), “ia menyimpulkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *