Heboh Ribuan Burung Mati Berjatuhan dari Langit

Heboh Ribuan Burung Mati Berjatuhan dari Langit

Heboh Ribuan Burung Mati Berjatuhan dari Langit

Heboh Ribuan Burung Mati Berjatuhan dari Langit – Amerika Serikat. Diestimasi, jumlah burung yang jatuh sekitar 1.500 ekor perhatian luas.
Ribuan binatang itu mati massal dalam semalam. “Hari terburuk dalam hidup saya. Saya telah mengumpulkan sekitar 400 burung mati dan sebagian lagi dalam keadaan shock. Ini adalah minggu puncak migrasi burung, dengan bulan purnama, awan, dan hujan, bencana sempurna,” kata Stephen Maciejewski, seorang relawan yang Mengutip dari https://bigleegs.com/

Burung-burung itu tewas karena secara bersamaan menabrak bangunan tinggi. Awan yang rendah dan hujan menyebabkan burung terbang lebih rendah dari biasanya sehingga risiko semacam itu meningkat.

Saat mencapai kota Philadephia ketika keadaan sudah gelap, burung-burung tertarik dengan cahaya pada  bangunan. Mungkin mereka berpikir dapat mendarat pada bangunan itu tapi malah berakibat fatal.

1.500 Burung Mati Berjatuhan

Melansir dari https://christian-mommies.com/ Ahli ilmu burung setempat, Keith Russel, menyebut burung yang mati berbagai spesies. “Hal ini merupakan isu sangat besar dunia konservasi burung. Estimasinya ada 250 juta sampai 1 miliar burung mati setiap tahun karena berbenturan dengan bangunan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kematian massal dalam skala seperti ini pada kota Philadelphia hanya pernah ada pada 72 tahun silam.

“Mereka seperti berada pada jalan tol gelap dan mendadak Anda melihat lampu-lampu. Anda tak bisa melihat apapun kecuali cahaya itu. Burung bisa terpapar hujan badai atau keadaan tertentu. Mereka pun berpikir hey kita bisa berhenti ,” paparnya.

Solusinya sebenarnya sederhana. “Jika orang yang punya atau mengendalikan bangunan itu mematikan cahayanya pada malam hari, burung-burung tidak akan melihatnya dan mereka akan berlalu,” lanjut Russel.

Sebelumnya, kematian massal burung dalam skala jauh lebih besar juga ada pada bagian lain AS. Ratusan ribu burung pada New Mexico mendadak mati massal dalam perjalanan imigrasi tahunan.

Periset New Mexico State University (NMSU) memperkirakan angka kematian bahkan bisa mencapai jutaan. Warga setempat melaporkan temuan bangkai burung pada lapangan golf, area hiking, perumahan dan lain-lainnya.

Profesor ekologi di NMSU, Martha Desmond, menyebut kematian massal ini mungkin disebabkan beberapa faktor, dari kekeringan atau migrasi terlalu awal karena ada kebakaran hutan di sebagian wilayah AS.

Selain itu, barangkali ada dampak terkait udara dingin yang tak biasanya dan hujan salju lebih awal di New Mexico. Ilmuwan masih menyelidiki penyebab pasti kematian burung-burung malang itu.