Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan

Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan

Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan

Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, – Sebagian spesies hewan jantan memiliki tanduk di atas kepalanya. Fungsinya untuk menarik pasangan, bertarung dengan pejantan lain, atau melindungi diri dari predator. Tanduk sendiri merupakan perpanjangan permanen dari tengkorak hewan. Terkadang, hewan melepaskan tanduknya dan akan tumbuh kembali setelahnya.

Dari sekian banyak hewan yang mempunyai tanduk, inilah hewan dengan bentuk tanduk yang paling mengagumkan. Siap-siap terperangah, ya!

Markhor

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Ada pula markhor (Capra falconeri), hewan yang menjadi simbol negara Pakistan. Spesies kambing liar terbesar ini juga bisa ditemukan di Afganistan, Uzbekistan, India, dan Tajikistan. Markhor punya tanduk memutar yang panjangnya mencapai 1,6 meter!

Tanduk markhor jantan lebih panjang 50 cm dari betina. Mereka bisa ditemukan di hutan semak di pegunungan. Sama seperti addax, mantelnya bisa berubah warna. Di musim panas, mantelnya pendek dengan warna kemerahan. Saat musim dingin, mantelnya memanjang dan berubah jadi abu-abu. Unik!

Karibu

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Karibu alias rusa kutub (Rangifer tarandus) tinggal di wilayah kutub bumi, mulai dari Amerika Utara, Eropa, dan Siberia. Panjang tanduk karibu jantan adalah 39-53 inci (99-135 cm), sementara tanduk betina lebih pendek dari pejantan.

Rupanya, tanduk karibu punya fungsi khusus, yakni untuk menggali salju dan mencari makanan. Karibu jantan juga memakai tanduknya untuk bertarung dengan pejantan lain di musim kawin. Setelah musim kawin, tanduk ini akan dilepaskan dan mereka akan menumbuhkan tanduk baru.

Oryx

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Berikutnya, ada oryx, spesies antelop dari keluarga Bovidae. Oryx merupakan spesies kijang terbesar yang hidup di Afrika. Hewan ini mudah dikenali dari tanduk yang panjangnya 30 inci (76 cm) serta lehernya yang mirip kuda.

Fungsi tanduknya ialah untuk bertahan melawan predator. Oryx adalah hewan komunal, artinya mereka hidup dalam kawanan yang berisi ratusan anggota. Hewan ini punya indra penciuman yang baik, bisa bertahan beberapa minggu tanpa air, dan berlari dengan kecepatan 35 mil per jam (56 kilometer per jam). Gesit!

Addax

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Addax (Addax nasomaculatus) adalah sejenis antelop yang hidup di Gurun Sahara. Baik addax jantan dan betina, keduanya sama-sama memiliki tanduk memutar yang panjangnya sekitar 35-47 inci (89-120 cm). Addax hidup dalam kawanan kecil dengan 3-5 anggota.

Uniknya, perubahan musim akan membuat mantelnya berubah warna. Di musim panas, mantelnya berwarna putih. Tetapi, mantelnya akan berubah menjadi cokelat atau abu-abu di musim dingin. Sedihnya, menurut IUCN Red List, addax termasuk hewan yang terancam punah.

Ankole-Watusi

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Ankole-Watusi yang juga dikenal dengan nama ankole longhorn. Ini adalah ternak domestik modern Amerika yang merupakan keturunan sapi Sanga dari Afrika Tengah. Tanduknya sangat besar, ada yang panjangnya hingga 95,25 cm!

Menurut buku berjudul “Mason’s World Encyclopedia of Livestock Breeds and Breeding” yang diterbitkan di tahun 2016, jumlah sapi ini mencapai 1.500 ekor di tahun 2016 dan 80 persen di antaranya ada di Amerika Serikat. Bakal diekspor ke Indonesia gak, ya?

Mouflon

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Mouflon (Ovis aries musimon) ialah salah satu keluarga domba liar asal Iran dan Irak. Hewan jantan punya tanduk besar yang melengkung, panjangnya rata-rata 25 inci (63,5 cm). Mouflon betina juga punya tanduk, tapi ukurannya sangat kecil.

Apa fungsi tanduk pada mouflon jantan? Ternyata, tanduknya digunakan untuk bertarung dengan pejantan lain sekaligus menarik perhatian betina. Pejantan yang menang dalam pertarungan akan mendominasi dalam kelompok dan menjadi alpha male.

Blackbuck

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Berlanjut ke blackbuck (Antilope cervicapra), antelop dari India, Nepal, dan Pakistan yang terkenal karena tanduk panjangnya. Tanduknya bisa tumbuh hingga 28 inci (71 cm) dengan 3-5 putaran. Tanduk ini hanya dimiliki oleh pejantan, betina tidak punya.

Populasi blackbuck menurun drastis karena perburuan liar, deforestasi dan degradasi habitat. Selain itu, mereka juga terancam akibat predator, seperti serigala, cheetah, atau anjing liar. Menurut IUCN Red List, blackbuck dikategorikan hampir terancam.

Rusa besar

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Moose (Alces alces) adalah spesies rusa terbesar yang menghuni belahan bumi utara. Tanduknya tumbuh lebar ke samping hingga 6 kaki (180 cm)! Tidak seperti hewan lain, tanduk ini tumbuh di setiap sisi kepala rusa jantan, bukan di atas kepala.

Tanduk ini mulai tumbuh saat rusa jantan berusia 12 bulan. Kekuatan dan ukuran tanduk bergantung pada usia dan makanan apa yang dikonsumsi rusa. Saat musim kawin, tanduk ini digunakan untuk bersaing dengan pejantan lain demi merebut perhatian rusa betina.

Ibex Alpen

10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! Ada pula ibex Alpen (Capra ibex), spesies kambing liar yang menghuni Pegunungan Alpen di Eropa. Panjang tanduk pejantan mencapai 40 inci (101 cm), sementara tanduk betina lebih tipis dan pendek, panjangnya hanya 13 inci (33 cm).

Seperti yang bisa ditebak, ibex memakai tanduknya untuk bertarung dengan saingannya demi mendapatkan ibex betina. Si kaki empat ini rupanya pandai mendaki lereng gunung yang curam, lho! Coba lihat video di bawah ini jika tidak percaya.

***

Nah, itulah hewan dengan bentuk tanduk paling unik dan mengagumkan. Mana yang menurutmu paling keren?