Hewan ini Ternyata Buta Warna Tertentu!

Hewan ini Ternyata Buta Warna Tertentu!

Hewan ini Ternyata Buta Warna Tertentu!

Hewan ini Ternyata Buta Warna Tertentu! – Di dunia ini, kita sebagai makhluk hidup dapat tumbuh berdampingan bersama spesies lain, seperti hewan dan tumbuhan. Sama-sama memiliki porsi untuk menduduki fungsi dalam ekosistemnya sendiri, manusia cenderung dapat melakukan apa saja ketimbang makhluk lainnya.

Seringkali, kita juga menganggap bahwa makhluk hidup seperti binatang sama-sama memandang dunia lewat penglihatan yang serupa, namun sebenarnya tidak semua hewan bisa melihat dunia dengan penuh warna lho!

Beberapa binatang di bawah ini bahkan ada yang tidak bisa membedakan antara satu warna dengan warna lainnya, siapa saja?

Lebah

Lebah adalah sebagian kecil dari keluarga serangga yang hidup secara berkelompok, membentuk koloni dan membangun rumah sendiri. Seperti diketahui, lebah ialah spesies penghasil madu yang sering dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia. Akan tetapi sebetulnya ada sesuatu yang unik dari binatang ini, terutama dalam urusan penglihatan.

Lebah memiliki lima mata dengan kemampuan membedakan warna yang menakjubkan. Jika manusia melihat warna melalui kombinasi antara hijau, merah, dan biru. Maka lebah melihatnya sebagai warna biru, ultraviolet, dan hijau. Seperti disinggung dengan judul di atas, lebah juga tidak bisa mengenali warna merah dengan baik.

Harimau

Harimau adalah salah satu predator yang terkenal sebagai hewan yang menguasai isi hutan, binatang yang memiliki garis-garis tegas di sepanjang tubuhnya ini memiliki kemampuan ganas dalam mengoyak mangsanya.

Meski demikian, harimau juga memiliki kekurangan, terutama dalam pengelihatannya. Dijelaskan bahwa harimau hanya memiliki dua reseptor untuk mengenali warna.

Reseptor sendiri merupakan sekumpulan sel yang difungsikan untuk bisa mengenali kepekaan akan pancaindera. Oleh sebab itu, karena harimau hanya memiliki dua reseptor, maka dirinya tidak dapat melihat warna dalam jumlah banyak, apalagi diketahui bahwa mereka juga tidak dapat membedakan antara warna oranye-merah dan hijau.

Katak

Hewan selanjutnya yang memiliki kekurangan akan melihat warna ialah katak, binatang yang dapat hidup di perairan maupun daratan ini memang memiliki banyak keunikan. Di balik kekurangannya tersebut, sebetulnya katak bisa melihat lebih baik dari beberapa jenis hewan, khususnya dalam keadaan gelap. Akan tetapi, katak hanya bisa mengenali beberapa warna, dan sebagian lainnya tidak.

Belum dapat dipastikan berapa jumlah mutlaknya, namun seperti dikutip dalam website http://utowndc.com, saat membahas tentang katak, pengelihatan mereka yang terbatas akan warna tersebut dipicu oleh fungsi rods dan cones katak yang ada dalam sel fotoreseptor dalam retina.

Tupai

Tupai merupakan salah satu dari hewan berjenis mamalia yang lebih banyak hidup di atas pohon, binatang yang memiliki ekor besar dan identik dengan kacang-kacangan ini rupanya digolongkan ke dalam hewan yang cekatan. Hal tersebut bisa kita lihat dari bagaimana ia memanjat pohon dan berpindah dari satu ranting ke ranting lain tanpa mengalami kesulitan.

Namun demikian, rupanya tupai juga sama seperti hewan-hewan di atas, memiliki kekurangan terhadap penglihatannya. Sebenarnya tupai memiliki kemampuan mengenali warna lebih baik dari kebanyakan binatang.

Namun berdasarkan penelitian yang tertuang dalam karya Richard W. Thorington, Jr., dan Katie E. Ferrell, yang berjudul Squirrels: The Animal Answer Guide. Diketahui bahwa tupai tidak bisa membedakan antara warna hijau dan merah.

Hiu

Hiu terkenal akan sifat agresifnya dalam ekosistem perairan, menjadi predator yang nyaris berada di atas rantai makanan membuat hiu seolah memiliki kemampuan tak terkalahkan. Akan tetapi hiu sendiri rupanya dikatagorikan sebagai salah satu hewan yang tidak dapat membedakan warna.

Hal itu diteliti langsung oleh Dr. Nathan Scott Hart dan team dari University of Western Australia dan University of Queensland yang selanjutnya dipublikasikan secara online di jurnal Springer’s Naturwissenschaften. Penelitian yang dilakukan dengan memeriksa retina 17 jenis hiu itu menunjukan bahwa para hiu berpotensi buta warna meski pengelihatan mereka berkembang dengan baik.

Kelinci

Kelinci juga merupakan bagian dari keluarga mamalia yang memiliki ciri khas berkembangbiak dengan cara vivipar atau melahirkan, di balik sisi visualnya yang cantik dan indah, rupanya kelinci juga mengalami buta warna pada warna tertentu.

Kemampuan untuk dapat membedakan antara warna hijau, kuning, serta biru, namun mereka kesulitan untuk mengenali warna merah. Sama seperti katak, pengelihatan kelinci dipengaruhi oleh rods. Dan cones, di mana hanya bagian cones yang peka terhadap cahaya biru atau hijau.

Nah itu dia beberapa hewan dengan kemampuan menakjubkan namun memiliki kekurangan dalam urusan penglihatan, terutama saat membedakan warna. Ada banyak sekali binatang lain yang mengalami hal serupa, namun dengan tingkat kepekaan akan warna yang berbeda-beda.