Hewan Ini Ternyata Dapat Hidup tanpa Organ Penting

Hewan Ini Ternyata Dapat Hidup tanpa Organ Penting

Hewan Ini Ternyata Dapat Hidup tanpa Organ Penting

Hewan Ini Ternyata Dapat Hidup tanpa Organ Penting, – Ubur-ubur ternyata tidak memiliki otak. Mereka juga tidak punya hati. Namun, ubur-ubur memiliki susunan saraf yang sangat detail di dasar tentakel mereka. Saraf inilah yang mendeteksi sentuhan, suhu, dan salinitas, sehingga menjadi ‘modal’ hidup.

Hewan ini adalah jenis plankton, dan kerabat jauh karang serta anemon laut. Hal yang paling utama adalah tubuh mereka pada dasarnya terbuat dari air, tidak memiliki tulang sama sekali. Ubur-ubur terdiri dari sekitar 95% air. Jadi, jika ubur-ubur terdampar di pantai, setelah beberapa saat, karena penguapan, mereka akan menghilang.

Walaupun pada dasarnya hewan dan manusia memiliki banyak perbedaan, tapi pada umumnya hewan juga punya organ-organ penting seperti yang dimiliki manusia. Organ-organ penting tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang tidak dapat digantikan oleh yang lain.

Ubur-ubur

Ubur-ubur mungkin menjadi hewan yang paling aneh di dunia. Hewan yang satu ini tidak mempunyai organ-organ sensoris seperti mata, hidung, dan telinga. Lebih anehnya lagi, ubur-ubur bahkan tidak memiliki kerangka, otak, dan bahkan jantung seperti yang terlansir di animals.howstuffworks.com. Tubuh makhluk ini hampir seluruhnya terbuat dari air, itulah mengapa jika kamu menaruh ubur-ubur di pantai, dia akan segera meleleh.

Kuda

Kebanyakan hewan terutama predator membutuhkan kantong empedu, tempat untuk menyimpan cairan bau yang diproduksi oleh hati. Cairan empedu sendiri berfungsi membantu hewan untuk lebih mudah mencerna makanan terutama lemak.

Dilansir dari thehorse.com, kuda dapat hidup tanpa kantong empedu, mereka tidak terlalu membutuhkan organ ini karena mereka memakan rumput secara terus menerus dalam jumlah yang kecil.

Salamander

Jika manusia membutuhkan paru-paru untuk bernapas, maka salamader menggunakan kulitnya untuk mengambil semua udara yang ia butuhkan untuk bernapas. Melansir dari animals.sandiegozoo.org, salamander tidak memiliki organ paru-paru seperti manusia.

Salamander sendiri sebenarnya adalah nama umum untuk kurang lebih 550 spesies amfibi.

Cacing Pipih

Tidak seperti cacing pada umumnya, melansir dari ck12.org, cacing pipih tidak memiliki darah sama sekali. Hal ini dikarenakan makhluk yang satu ini belum mempunyai sistem peredaran darah yang sempurna.

Cacing pipih dapat hidup dengan baik di daerah berair maupun di tubuh makhluk lain, mereka memperoleh nutrisi yang dibutuhkan langsung dari permukaan tubuhnya.

Platipus

Jika kita lihat, hewan yang satu ini seperti gabungan dari bebek dan juga berang-berang. Dengan bentuknya yang unik, ternyata platipus mempunyai bisa yang cukup mematikan di kakinya.

Melansir dari nationalgeographic.com, platipus sendiri tidak memiliki lambung seperti kebanyakan hewan. Lambung yang berfungsi memecah makanan sebelum dicerna oleh usus, tidak terlalu dibutuhkan oleh platipus dan beberapa jenis ikan.