Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia, – Indonesia kaya akan flora dan faunanya. Banyak spesies makhluk hidup tersebut yang tidak dapat ditemui di bagian dunia lain dan tergolong langka pula. Sayangnya, kelangkaan tersebut kebanyakan dikarenakan perusakan habitat oleh manusia. Berikut ini adalah beberapa nama hewan yang hanya tinggal di Indonesia.

Gajah Sumatra

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohBerbeda dengan saudaranya yang ada di Afrika, gajah Sumatra memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Burung cendrawasih

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohBurung ini dijadikan maskot Papua karena keindahan bulunya yang penuh warna dan hampir tak pernah terlihat ada di bawah pohon.

Babirusa

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohBinatang ini memiliki penampilan yang unik. Tampak seperti babi, namun dirinya memiliki tanduk yang sangat panjang sampai melengkung ke dalam dan itu hanya berlaku pejantannya saja.

Harimau Sumatra

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohPenghuni asli Sumatra ini memiliki genetis yang unik. Menurut hasil riset, spesies hewan satu ini mampu berkembang menjadi spesies lain.

Orangutan

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohPrimata ini sebenarnya hanya dapat ditemui di hutan Borneo, Sumatra, dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Sayangnya, hasil laporan https://superbadar.live, menyebutkan jika 80 persen habitat asli mereka telah rusak selama 20 tahun ini.Penghuni asli Sumatra ini memiliki genetis yang unik. Menurut hasil riset, spesies hewan satu ini mampu berkembang menjadi spesies lain.

Komodo

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohDiakui sebagai kadal terbesar di dunia yang masih hidup hingga sekarang, Komodo hanya ditemui di Pulau Komodo dan mereka merupakan puncak dari rantai makanan di sana.

Lumba-lumba pesut mahakam

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohLumba-lumba ini sempat dikabarkan hampir punah di 2007 dengan jumlahnya yang dapat ditemui hanya 50 hewan saja. Lumba ini hidup di sungai dan dengan habitatnya tersebut, mereka merupakan jenis air tawar.

Maleo

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohBurung ini masuk dalam keluarga megapode atau burung berkaki besar, dan juga satu-satunya burung bergenus Macrocephalon. Maleo merupakan hewan endemik Sulawesi.

Elang Jawa

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohHewan endemik dari Jawa yang juga diasosiasikan sebagai lambang garuda. Namun Ukurannya golongan sedang dengan lebar tubuh mencapai 60 sampai 70 cm dan menjadi maskot spesies yang hampir punah.

Badak Jawa

Sangat Susah Ditemui, 10 Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia lohBadak Jawa memiliki ciri khas bertanduk kecil. Jenis ini adalah satu dari lima jenis badak lain di dunia ini. Juga secara genus, badak Jawa masuk dalam badak India.

***

Itulah beberapa hewan asli dan khas Indonesia. Banyak dari hewan ini sudah memiliki jumlah populasi yang sedikit karena habitatnya yang telah rusak. Mari dijaga bersama lingkungan di sekitar kita.