Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain

Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain

Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain

Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain – Hewan selalu memiliki kemampuan unik untuk bisa bertahan hidup. Salah satu kemampuan unik tersebut adalah menyamar menjadi hewan lain. Baik untuk berburu maupun untuk mengelabui predator, banyak hewan yang cukup terkenal sebagai jagoan dalam urusan menyamar.

Bukan hanya penampilan, beberapa hewan juga bisa berpura-pura jadi hewan lain dengan meniru suaranya. Hewan apa saja yang punya kemampuan hebat itu.

1. Gurita penyamar

Namanya saja gurita penyamar (Thaumoctopus mimicus), sudah jelas bahwa gurita ini jagonya menyamar. Namun, mereka bukan menyamar jadi batu atau seperti lingkungannya, tapi jadi hewan lain. Bukan hanya satu, mereka bisa menyamar jadi beberapa hewan.

Laman Nature menyebut bahwa gurita endemik Indonesia ini bisa menyamar jadi ular laut, udang, kepiting, ubur-ubur, lionfish, dan lain-lain.

Bukan hanya sekadar penampilannya, tapi juga gerak-geriknya. Ketika menyamar jadi ular laut, misalnya, mereka bisa meniru gerakan ular dengan salah satu tentakelnya.

Tujuan mereka menyamar umumnya adalah melindungi diri. Ketika diganggu oleh ikan damselfish, mereka akan menyamar jadi ular laut karena damselfish takut pada ular laut.

Sementara itu, saat berjalan di dasar samudra, mereka biasanya menyamar jadi ikan sebelah, sejenis ikan pipih yang beracun.

2. Ngengat elang

Ngengat elang adalah sebutan untuk ngengat yang tergabung dalam keluarga Sphingidae. Mereka terdiri dari sekitar 1.400 spesies dan mereka terkenal jago menyamar. Bukan ketika sudah dewasa, melainkan ketika masih berwujud larva alias ulat.

National Geographic menjelaskan bahwa ulat ngengat elang mampu menyamar menjadi mirip ular pada saat terancam.

Caranya, mereka akan menggembungkan bagian depan tubuhnya supaya tampak seperti kepala. Lalu, mereka juga mengatur pola warna kuning, putih, dan hitam di tubuhnya supaya terlihat seperti corak ular.

3. Ngengat harimau

 

 

Ngengat harimau (famili Arctiidae) bisa meniru suara yang dikeluarkan oleh ngengat lain untuk menipu kelelawar supaya tidak mau memangsanya.

Menurut National Geographic, ngengat harimau meniru suara yang dikeluarkan oleh ngengat beracun, misalnya ngengat tawon polkadot (Syntomeida epilais).

Kelelawar yang mendengar suaranya pun jadi terkecoh dan menghindari ngengat harimau tersebut meskipun sebenarnya mereka gak berbahaya.

4. Margay

Margay (Leopardus wiedii) adalah sejenis kucing liar yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Mereka hidup di pepohonan dan berburu burung maupun monyet.

Namun, cara berburu mereka terbilang tidak biasa sekaligus cerdik dan menakjubkan.

Margay ternyata bisa meniru suara bayi monyet tamarin sehingga menarik perhatian tamarin dewasa untuk mendekat.

Setelah itu, margay pun akan menyergap untuk memangsa si tamarin. National Geographic menyebut bahwa bisa jadi, strategi meniru suara mangsa itu juga digunakan oleh kucing besar seperti jaguar dan puma.

5. Drongo ekor garpu

Satu lagi hewan yang jago meniru suara hewan lain adalah drongo ekor garpu (Dicrurus adsimilis). Bukan hanya satu, BBC menyebut bahwa burung ini bisa meniru sekitar 45 spesies hewan.  Mereka meniru suara alarm yang dikeluarkan hewan-hewan tersebut untuk memperingatkan akan adanya bahaya.

Bisa dibilang, drongo ekor garpu punya jasa besar bagi hewan-hewan yang hidup di daerahnya di Afrika. Namun ternyata, mereka tidak selalu jadi pahlawan.

Tetapi, burung ini akan meniru suara hewan lain untuk membuat mereka kabur sehingga drongo bisa mengambil semua makanan yang tersedia tanpa saingan.