Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut

Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut – Garut tenar mempunyai destinasi wisata alam yang indah. Banyak sekali objek wisata di Kabupaten Garut ini seperti Gunung Papandayan, Pantai Santolo, Darajat, Cipanas dan tetap banyak yang lainnya. Bukan hanya alamnya yang indah ragam budaya Garut memadai beraneka ragam.

Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut

Oleh maka dari itu Garut merupakan salah satu tujuan kota wisata yang mampu Anda kunjungi untuk liburan. Jika Anda inginkan datang ke wisata alam dan wisata budaya peristiwa secara sejalan Anda mampu datang ke Situ dan Candi Cangkuang.

Berkaitan bersama perihal tersebut, di sini Gungun Gunawan kali ini saya bakal sharing Info seputar Situ dan Candi cangkunag lengkap bersama Kampung Pulo nya yang uni. Selain itu, tetap ada sebagian daerah menarik yang ada di daerah Cangkuang. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat info berasal dari https://joker-gaming.asia mengenai Wisata Cangkuang di bawah ini!

Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut

1. Sekilas mengenai Cangkuang

Cangkuang adalah sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di desa ini terdapat danau yang bernama sama, yakni Danau Cangkuang; dan ada candi yang juga bernama sama, Candi Cangkuang.

Candi Cangkuang ini letaknya di Pulo, sebuah pulau yang ada di Danau Cangkuang. Sebenarnya Pulo ini tidak seluruhnya dikelilingi oleh danau, namun sebagiannya ulang dikelilingi oleh persawahan.

Akses utama menuju Pulo adalah bersama menyeberangi danau gunakan rakit kurang lebih 10 menit. Selain candi, di Pulo juga ada makam keramat dan kampung adat.

2. Rute transportasi ke Cangkuang

Kendaraan lazim bus:

  1. Naik bus jurursan Garut
  2. Turun di Alun-Alun Leles
  3. Naik ojek offline/online ke Cangkuang (sekitar 25 ribu)

Kendaraan lazim kereta:

  1. Naik kereta ke Stasiun Leles
  2. Naik ojek offline/online ke Cangkuang (sekitar 30 ribu)

Kendaraan pribadi:

  1. Menuju Alun-Alun Leles, Garut
  2. Masuk ke gang menuju Cangkuang

3. Harga dan akomodasi

  • Jam operasional : 07.00-17.00
  • tiket masuk : Rp5 ribu
  • penyeberangan rakit : Rp5 ribu
  • parkir : Motor Rp2 ribu/mobil Rp5 ribu
  • Fasilitas : Area parkir, toilet, daerah duduk, saung, dan kawasan yang telah ditata rapi
  • Lainnya : Ada warung, restoran, merchandise, dan penginapan

4. Keindahan Cangkuang

Paling utama sudah pasti anda mampu memandang panorama Situ atau Danau Cangkuang yang menawan. Akan keluar juga panorama Gunung Haruman di arah timur laut.

Kemudian anda mampu nikmati kemegehan berasal dari Candi Cangkuang. Walaupun candi ini sesungguhnya pernah direnovasi terhadap tahun 1974-1976, namun keaslian bangunan candi tetap terjaga sebesar 40%, ditambah keberadaan Patung Dewa Shiwa yang berada di dalam candi, peninggalan umat Hindu kurang lebih abad ke-8 masehi.

Lalu anda mampu nikmati kondisi kampung adat yang khas di Kampung Pulo. Keunikan berasal dari kampung ini adalah di sana hanya terdapat 7 kepala keluarga, tidak boleh lebih. Tujuh kepala keluarga selanjutnya merupakan keturunan Embah Dalem Arief Muhammad, leluhur Desa Cangkuang. Makam Embah Arief sendiri terdapat di dekat Candi Cangkuang.

5. Tips berwisata ke Cangkuang

  1. Berkunjunglah di pagi hari
  2. Jangan lupa membawa kamera
  3. Berkunjunglah bersama pasangan atau keluarga
  4. Membawa makanan, minuman, dan duwit yang cukup
  5. Patuhi protokol kesehatan di era pandemi

Nah, itu dia Info Wisata Cangkuang yang mampu penulis bagikan. Untuk pengalaman lebih lengkapnya anda kudu mengunjunginya langsung, ya. Selamat berwisata!