Ini 5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Ini 5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Ini 5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera

Ini 5 Objek Wisata Air Terjun Tertinggi di Sumatera – Air terjun menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu jenis wisata alam favorit banyak orang yang sering dikunjungi adalah air terjun. Meskipun untuk mencapai tujuan, air terjun biasanya harus melewati medan yang sulit. Namun kepuasan batin akan terbayar  saat melihat kucuran air alam yang deras dan menyejukkan. 

Pulau Sumetera memiliki keistimewaan, karena di pulau inilah air terjun tertinggi di Indonesia, dibahas di daerah Sumatera Utara.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa air terjun di Sumatera dengan ketinggian yang maksimal dan menarik dijadikan tujuan wisata: 

Air terjun Si Gura-gura – Sumatera Utara 

Pesona Sigura-Gura, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air terjun si gura-gura menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara karena merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun Ketinggian ini mencapai 250 meter. Danau Toba Samosir terletak di dataran tinggi tepian. Turis yang berkunjung ke Danau Toba biasanya juga akan menyempatkan diri mengunjungi air terjun tersebut, menikmati kesejukan udara yang mengalir turun dari dinding yang curam. Air terjun ini bersumber dari Sungai Asahan. Tampak seperti air terjun raksasa yang dikeluarkan bunyi dentuman sangat keras. Air terjun ini juga disebut air terjun Ponot. 

Air terjun Payakumbuh, Ngarai Harau – Sumatera Barat 

10 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA - Reygina Wisata Indonesia

Air terjun Payukumbuh Ngarai Harau terletak di Sumatera Barat. Menjadi salah satu ikon wisata Sumbar yang sangat terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter dan terletak di tepi jurang yang dalam dengan bagian bawahnya menjadi lembah yang menjadi tujuan wisata. Wisata lembah Harau diakui sebagai salah satu air terjun tertinggi di Pulau Sumatera tersebut. Memiliki 4 air terjun yang terletak di kawasan Lembah Harau yaitu Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Luluh, dan Air Terjun Sarasa Murai. 

Air terjun Batang Kapas di Lubuk Bigau – Riau 

DINAS PARIWISATA PROV RIAU

Air terjun Lubuk Bigau memiliki ketinggian yang sama dengan air terjun Payakumbuh seluas 150 meter, namun masih banyak dikunjungi orang sebagai tempat tujuan wisata. Air terjun ini terletak di daerah Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Untuk bisa sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus ke Desa Pangkalan Kapas lebih dulu, lebih dulu di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Dari desa tersebut pengunjung harus berjalan kaki kurang dari 2 sampai 3 jam perjalanan melewati warga, sungai-sungai hingga pemandangan hutan yang masih asri. Akses yang masih sulit membuat air terjun Lubuk Bigau masih jarang dikunjungi wisatawan. Selain itu, kondisi air terjun di tempat ini juga masih memerlukan banyak perawatan hingga menarik untuk dikunjungi banyak wisatawan. 

Air terjun Sipiso-piso – Sumatera Utara 

Asyiknya Menikmati Wisata Di Air Terjun Sipiso Piso Medan | Airpaz ...

Air terjun sipiso-piso terletak di Dusun Hutabaringi, Desa Tongging, Kecamatan merk, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Memiliki ketinggian yang membuat air terjun masuk daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu 120 meter. Berada di daerah perbukitan dengan ketinggian 800 dpl dan menang dengan hutan pinus yang indah. Nama sipiso-piso diambil dari nama gunung yang ada di dekat kawasan tersebut, gunung Dolok Sipso-Piso dengan ketinggian 1.860 dpl. Berkunjung ke Danau Toba bisa sekalian Anda lakukan dengan destinasi air terjun sipiso-piso tersebut. 

Air terjun Curup Tenang, Bedegung – Sumateera Selatan 

AIR TERJUN BEDEGUNG ATAU CURUP TENANG - YouTube

Air terjun ini terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Memiliki ketinggian 99 meter dengan pemandangan hijau dan deburan udara yang sangat indah. Keistimewaan air terjun ini bisa diakses dengan akses jalan yang cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan roda empat. Hanya sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Palembang, pengunjung sudah bisa sampai di kawasan wisata alam favorit di Sumatera Selatan tersebut. 

Mengunjungi wisata alam air terjun memang menjadi kesenangan tersendiri untuk beberapa orang. Sentuhan alam memberikan ketenangan batin dari segala hiruk pikuk suasana kota. Petualangan pun menjadi alasan banyak orang untuk memilih wisata air terjun. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Terima kaksih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *