Inilah Kesalahan yang Bisa Membuat Bisnis Gagal

Inilah Kesalahan yang Bisa Membuat Bisnis Gagal

Wajib Tahu! Inilah Kesalahan yang Bisa Membuat Bisnis Menjadi Gagal

Inilah Kesalahan yang Bisa Membuat Bisnis Gagal – Kegagalan dalam berbisnis merupakan hal yang paling ditakutkan bagi para pengusaha, sehingga banyak masyarakat yang masih takut untuk memulai bisnis mereka. Sering kita dengar bahwa pengusaha atau wirausaha itu merupakan orang-orang hebat dan harus berani mengambil resiko, baik atau buruk.

Menurut Small Business Association (SBA) hanya ada sekitar 30 % dari bisnis baru yang gagal pada tahun pertama, lalu sekitar 50% di tahun kelima, 66% dalam sepuluh tahun pertama dan hanya sekitar 15% pengusaha yang dapat menjalankan bisnisnya hingga 15 tahun keatas. Disini terlihat, bahwa konsistensi dalam berbisnis wajib dilakukan oleh setiap pengusaha, jika tidak konsisten bersiaplah untuk mengalami kegagalan bisnis.

Dalam situasi pandemik, banyak sekali orang yang memanfaatkan waktu untuk memulai sebuah usaha. Sayangnya, terdapat beberapa kesalahan yang sering kali diperbuat serta dapat memberikan efek buruk bagi usaha yang sedang dibangun.

Bahkan, hal tersebut bisa menghambat peluang kesuksesan dan meruntuhkan bisnis yang kamu jalankan. Nah, agar bisnis kamu berjalan sukses, yuk hindari kesalahan-kesalahan di bawah ini!

  • Memiliki target yang kurang realistis

Memiliki target sangat penting agar bisnis yang kamu jalankan dapat berkembang dengan lebih cepat. Namun, jangan sampai target yang kamu buat kurang realistis atau tidak terlalu spesifik.

Coba tentukan ukuran target yang ingin kamu raih secara spesifik, beserta waktu untuk mendapatkannya. Dengan begitu, bisnis kamu akan menjadi lebih terarah dengan baik.

  • Tidak memiliki mental yang kuat dan mudah frustasi

Memiliki bisnis sendiri artinya kamu harus siap menghadapi kondisi ketidakpastian yang sering dijumpai dalam membangun sebuah usaha. Selain itu, kamu juga pasti akan menemui banyak tantangan atau rintangan yang menghambat proses bisnis.

Dalam proses penyelesaian masalah tersebut, tak jarang kamu dihinggapi stres atau frustrasi. Namun, sebagai seorang calon pengusaha, kamu harus bisa mengatasi hal-hal tersebut agar bisnis yang kamu jalankan dapat berhasil dan meraih kesuksesan.

  • Tujuan bisnis terlalu dangkal

Jika tujuanmu memulai bisnis hanya untuk mendapatkan uang, sebaiknya jangan lanjutkan usaha yang sedang kamu jalani! Sebab, hal tersebut dapat berakibat fatal, bahkan membuat bisnis kamu menjadi bangkrut.

Maka dari itu, tentukanlah tujuan besar apa yang ingin kamu capai, selain sukses dan mendapatkan banyak uang.

  • Tidak siap dengan persaingan

Meskipun kamu menilai bisnis yang dibangun memiliki keunikan tersendiri, akan tetapi, jangan sampai kamu lengah pada potensi pesaing. Persaingan akan selalu ada dalam dunia bisnis.

Para pesaing bisnis tersebut, perlu kamu pelajari kelebihan maupun kekurangannya sehingga kamu memiliki daya saing yang cukup baik untuk meraih kesuksesan.

  • Menjual produk dengan harga yang terlalu murah dan tanpa perhitungan yang jelas

Strategi memberikan harga murah pada produk yang dijual, tidaklah selalu tepat. Ini  karena kamu harus memperhitungkan beberapa hal, seperti target pasar, jenis barang, atau jasa yang dijual.

Para pembeli sekarang ini, akan semakin selektif menilai kualitas barang atau jasa yang mereka beli. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak keberatan untuk membayar lebih, asalkan kualitas barang atau layanan yang didapatkan sepadan.

Nah, sudah tahu kan apa saja hal yang biasanya menjadi kesalahan dalam berbisnis dan dapat membuat bisnis menjadi gagal atau bangkrut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dalam menjalankan bisnis, ya!