Mengenal Ferret Hewan Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

Mengenal Ferret Hewan Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

Mengenal Ferret Hewan Peliharaan yang Lucu dan Menggemaskan

Jitunews.com - Berminat Memelihara Ferret? Yuk, Simak Ini

Mengenal Ferret Hewan Peliharaan yang Lucu dan MenggemaskanMemelihara ferret menjadi tren karena ferret merupakan hewan lucu dan menggemaskan, jadi banyak yang mempermasalahkan karena tingkahnya lucu. 

Ferret merupakan hewan berang-berang yang memiliki hubungan dekat dengan musang, cerpelai, anjing udara, dan musang. Ferret diberi nama berdasarkan warna bulunya, karena ferret terbagi dari 3 jenis yaitu ferret ficth, ferret albino , dan ferret siamese. 

Yuk langsung saja kita lihat bagaimana cara memelihara hewan lucu ini:

–    Untuk persiapan kandang harus benar-benar diperhatikan, sebaiknya dipilih yang tidak mempunyai celah, kemudian bahan yang digunakan bukan dari bahan yang mudah lapuk atau mudah dikerat dan memiliki ventilasi.

–    Ferret mudah sekali lepas melewati celah-celah kandang yang sempit, maka harus sering di perhatikan dan buatlah kandang yang luasnya mencukupi.

–    Kandang perlu dilengkapi kotak buangan (litter box) yang dilengkapi dengan pintu keluar masuk, karena ferret mudah diajarkan buang air besar atau kecil di dalamnya.

–    Kemudian sediakan kotak khusus untuk tempat tidur beserta selimutnya berupa kain handuk yang tebal, karena ferret menyukai tidur. Untuk bagian alas tidurnya pun dapat berupa kasur dari gergajian kayu atau karpet berbulu tebal.

–    Lalu sediakan pula tempat makan dan minum yang berbahan gelas atau keramik, agar tidak mengotori lantai, dan mudah dijangkau.

–    Dan siapkan pipa atau selang plastic untuk ferret yang senang menyelusup, agar perilakunya tersebut tetap dapat dilakukannya

–    Kandang harus memiliki ventilasi udara  agar Sinar matahari di pagi hari dapat masuk, karena sinar matahari sangat penting untuk kehangatan, mengeringkan bagian kandang yang basah, mematikan bakteri dan kuman, serta sumber sinar ultraviolet yang berguna untuk mensintesis vitamin D. Namun jika sulit mendapatkan sinar matahari kandang dapat diberi lampu ultraviolet artifisial yang dinyalakan selama 10-12 jam setiap harinya.

Pemberian pakan 

Makanan ferret dapat diberikan berupa ikan, daging, telur rebus, buah, sayur dan makanan kering bentuk pellet, tetapi makanan kucing buatan pabrik sangat disukai ferret.

Sementara makanan basah sangat mudah tertinggal di celah gigi. Bahkan makanan basah kandungan lemaknya terlalu tinggi dan sering mengandung bahan aditif yang menyebabkan gangguan fiingsi organ.

Makanan tambahan sumber protein hewani berupa daging, ikan, atau telur rebus yang diberikan secara bergantian. Daging dan ikan harus bebas tulang. Dapat juga diberikan makanan tambahan berupa sayur dan buah yang mengandung vitamin dan mineral.

Semoga informasi di atas bermanfat untuk anda semua.. Terima kasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *