Pekerja BUMN ala Erick Thohir

Pekerja BUMN ala Erick Thohir

New Normal Pekerja BUMN ala Erick Thohir

New Normal Pekerja BUMN ala Erick Thohir – Karyawan BUMN harus bersiap kembali ke kantor di tengah pandemi virus corona (new normal). Kementeriannya juga telah melakukan pemetaan agar belanja modal perusahaan milik negara diprioritaskan untuk proyek yang dikerjasamakan dengan UMKM.

Sebab, Menteri BUMN Erick Thohir telah meneken Surat Edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal BUMN yang berlaku usai lebaran.

Namun, banyak pengusaha nasional yang mengeluhkan dominasi BUMN dalam proyek infrastruktur yang sedang digenjot pemerintah. Dia menambahkan, pemerintah juga fokus untuk mendorong investasi asing untuk bisa dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan swasta nasional dalam waktu ke depan.

“Ketika dari Amerika, Jepang, pindah ke Indonesia kita harus ber-partner. Yang penting kita jangan hanya jadi pasar,” pungkas Erick. Karena itu lah, lanjut Erick, proyek bernilai kecil harus diprioritaskan bagi pengusaha swasta nasional berskala kecil ke depan.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir telah lebih dulu memangkas jumlah direksi di anak usaha PTPN III. Jumlah direksi yang biasanya hanya diubah menjadi satu orang saja. “Satu perusahaan di bawah PTPN III komisarisnya nanti satu atau dua,” ucap Arya dalam video conference, dikutip Kamis.

“Kemarin Pak Erick Thohir melihat sudah ada holding PTPN, itu kenapa lagi ada direksi di bawahnya lagi, kan jadi redundant (mubazir). Maka direktur keuangan ditarik ke holding, produksi ditarik ke holding. Jadi efisiensi,” jelas Arya.

Sebelumnya, Direktur Utama PTPN III Muhammad Abdul Ghani menjelaskan perombakan di holding dilakukan sesuai dengan keputusan Menteri BUMN Erick Thohir. Hal ini dalam rangka optimalisasi proses transformasi dan penguatan peran Grup PTPN dalam menopang ekonomi dan ketahanan pangan nasional.

BUMN fokus untuk merampungkan proyek strategis

“Pergantian ini sejalan dengan program transformasi grup perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan terus melakukan perubahan dalam mencapai target perusahaan,” pungkas Muhammad.

Di samping itu, Erick menyampaikan bahwa BUMN fokus untuk merampungkan penugasan proyek strategis nasional (PSN) yang jadi penugasan dari pemerintah. Tujuannya, agar rantai pasok (supply chain) Indonesia terus membaik dan perekonomian dapat pulih lebih cepat usai pandemi covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir melarang perusahaan pelat Poker IDN Play 88 mengikuti tender proyek di bawah Rp14 miliar. Ia mengatakan, proyek dengan nilai tersebut diprioritaskan untuk Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM).

“Untuk proyek di bawah Rp14 miliar, BUMN tidak ada lagi yang masuk ke situ,” ujarnya saat menghadiri dalam diskusi online, Jumat. Menurut Erick, pemerintah ingin agar pembangunan infrastruktur di Indonesia tak tersentralisasi di BUMN atau pihak swasta berskala besar.

Menteri BUMN Erick Thohir akan merampingkan jumlah komisaris seluruh perusahaan yang berada di bawah holding PT Perusahaan Perkebunan III (Persero) atau PTPN III. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyebut pemangkasan dilakukan agar susunan organisasi PTPN III lebih efisien ke depannya.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menjelaskan efisiensi ini dilakukan di PTPN I hingga XIV. Dengan demikian, masing-masing perusahaan di bawah PTPN III nantinya hanya memiliki satu atau dua komisaris.

Namun, pemangkasan komisaris ini hanya dilakukan pada anak usaha holding perkebunan saja. Artinya, jumlah komisaris di PTPN III selaku induk holding tak akan dikurangi.

Memang, dalam Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang dan Jasa, BUMN tidak dilarang mengerjakan proyek konstruksi antara Rp50 miliar sampai dengan Rp100 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *