Peluang Usaha Terbaik di Tengah Virus Corona

Peluang Usaha Terbaik di Tengah Virus Corona

Saat ini Dunia sedang dilanda oleh wabah bernama virus corona. Virus Corona atau Covid-19 dapat menyerang saluran pernafasan ini, pertama kali muncul di Indonesia pertengahan maret lalu. Begitu cepatnya menyebar, pada awal bulan April sudah ada setidaknya 1.528 kasus dengan korban meninggal 136 orang dan 81 orang dinyatakan sembuh.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus. Salah satunya yakni dengan menghimbau masyarakat untuk melakukan sosial distancing dengan bekerja dari rumah atau #workfromhome.

Langkah ini bertujuan agar virus tidak cepat menyebar sehingga pemerintah dapat mempersiapkan fasilitas kesehatan untuk merawat korban.

Namun disisi lain work from home atau dirumah saja telah menimbulkan dampak negatif terutama bagi perekonomian masyarakat. Banyak kemudian pedagang kecil, karyawan, dan biro jasa yang kehilangan pekerjaanya akibat dari virus corona. Meskipun demikian ada beberapa hal yang dapat menjadi peluang usaha anda saat terjadi krisis seperti ini.

Dilihat juga : Tips Buka Usaha Cuci Mobil

Tentunya peluang usaha yang dimaksud bukanlah berjualan barang pokok untuk survival atau bertahan hidup seperti masker dan handsanitizer. Berikut ini merupakan peluang usaha yang dapat dilakukan dipekarangan rumah saat #dirumahsaja.

Peluang Usaha di Tengah Virus Corona

1. Membuat Masker Kain

Sekarang ini masker menjadi barang yang diminati oleh banyak orang. Sayangnya stok masker kian lama kian menipis, kalaupun itu ada harganya sudah tidak wajar lagi.

Jika anda memiliki kemampuan untuk menjahit, masker kain dapat menjadi peluang usaha yang dapat dilakukan dirumah. Meskipun tidak seperti masker pada umumnya, riset terbaru menyatakan bahwa master kain dapat menangkal 70% penyebaran virus corona.

Sebelum menjahit anda tentu perlu mempelajari bahan dan bentuk masker yang tepat digunakan untuk menjaga kesehatan. Beberapa artikel ataupun vidio youtube sudah memberikan tutorial mengenai Bagaimana cara membuat masker kain yang benar berikut dengan contohnya.

2. Menanam Sayuran

Harga bahan makanan makin lama kian melonjak. Untuk saat ini bahan makanan pokok seperti tempe, sayuran, cabai dan rempah rempah hampir naik dua kali lipat dipasaran. Tentu hal tersebut dapat memangkas pengeluarkan kita bukan.

Namun anda dapat meminimalisir pengeluaran dengan menanam sayuran dipekarangan rumah. Sayuran seperti bayam, cabai, selada, kangkung dan pakcoy merupakan tanaman yang tidak memerlukan perawatan ekstra, cukup diberi pupuk dan rutin disiram saja.

Selain itu memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran dapat menjadi sumber bahan makanan yang menekan pengluaran sekaligus juga peluang usaha ditengah krisis ekonomi.

3. Berjualan Camilan atau Kripik

Social Distancing mengharuskan masyarakat untuk membatasi pergerakan ditempat umum yakni dengan melakukan pekerjaan dari rumah. Saat bekerja dirumah tak dapat dipungkiri banyak yang mungkin mengisi kebosanan dengan mengemil.

Momen seperti ini dapat anda manfaatkan dengan menjual camilan atau kripik yang lezat. Berbagai vidieo maupun tulisan telah banyak yang memuat tentang cara membuat kripik atau camilan dengan mudah.

Akan tetapi jika anda tidak ingin bersusah payah Daftar Slot Kiss918, banyak juga toko yang menjual kripik kiloan sehingga kalian cukup mengemasnya menjadi eceran.

4. Beternak Hewan

Seperti halnya sayuran, daging juga menjadi komoditas yang harganya kian lama kian melambung. Untuk saat ini saja harga daging ayam mencapai 40 ribu rupiah dan daging sapi mencapai 140 ribu per kilonya. Tentu harga tersebut naik cukup singnifikan jika dibandingkan tahun lalu.

Lalu apa yang anda lakukan saat #dirumahsaja? Sudah pasti anda dapat memanfaatkan pekarangan untuk memelihara ayam atau hewan lain yang dapat dikonsumsi. Ayam sendiri merupakan unggas yang banyak diminati dan tentunya tanpa perawatan yang sulit.

Anda cukup menyediakan kandang dari bambu dan memberi makan nasi sisa kira kira dua kali sehari atau anda dapat mengumbar di pekarangan rumah sehingga dapat menghemat pakan.

Sumber : Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *