Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia

Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia

Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia

Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, – Kadal termasuk ke dalam kelompok hewan reptil yang sangat mudah sekali untuk dijumpai di alam liar. Secara keseluruhan, kadal memiliki lebih dari 6000 spesies yang tersebar ke beberapa wilayah di dunia kecuali Antartika. Dari sekian banyaknya spesies kadal yang telah diidentifikasi oleh para ilmuwan, ada beberapa jenis kadal yang paling berbahaya karena dapat mengancam nyawa manusia.

Dikenal dengan gigitannya yang beracun serta serangan ekor dan cakar yang mampu melumpuhkan mangsanya. Inilah spesies kadal paling berbahaya di dunia dilansir dari laman https://aelminingservices.com, sebagai berikut:

Komodo Dragon

5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!Komodo dragon merupakan jenis kadal terbesar dan paling mematikan di dunia. Hewan satu ini dapat berlari dan berenang dengan sangat cepat saat memburu mangsanya. Hewan ini dikenal dengan gigitannya yang kuat dan beracun yang dapat melumpuhkan dan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Mangsa yang terkena gigitan komodo akan banyak kehilangan darah serta menderita infeksi akibat bakteri yang terdapat pada air liurnya. Komodo dragon termasuk hewan kanibal dimana mereka akan memakan komodo lainnya saat kelaparan.

Crocodile Monitors

5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!Crocodile monitors merupakan spesies kadal yang hanya dapat ditemukan di pulau New Guinea. Sebagian besar dari mereka lebih menyukai hidup di dataran rendah seperti daerah pantai. Namun ada juga beberapa dari populasi crocodile monitors yang hidup di daerah pegunungan hingga ketinggian 650 meter dari permukaan laut. Crocodile monitors memiliki ukuran tubuh besar dan panjang yang mencapai lima meter dari kepala ke ekor. Hewan ini dikenal dengan pergerakannya yang sangat agresif serta dapat menyerang dan melukai manusia.

Water Monitors

5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!Tersebar di beberapa negara di Asia seperti teluk benggala, Sri Lanka dan wilayah laut Cina Selatan, water monitors mempunyai panjang tubuh 2.7 meter. Spesies kadal ini memiliki lidah bercabang dua seperti ular dan sering memangsa berbagai mamalia kecil, ikan, serangga dan laba-laba. Water monitors memiliki racun pada gigitannya namun tidak terlalu berakibat fatal bagi manusia. Selain itu, kadal ini juga sering menyerang dengan menggunakan kibasan ekor dan cakar saat menyerang lawan.

Mexican Beaded Lizard

5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!Mexican beaded lizard merupakan spesies kadal yang memiliki ukuran tubuh cukup besar yakni mencapai 80 sentimeter. Sebagian besar dari spesies kadal ini berhabitat asli di garis pantai pasifik Meksiko yaitu mulai dari wilayah Silanoa hingga perbatasan Meksiko dan Guatemala. Mexican beaded lizard terkenal dengan gigitannya yang sangat kuat. Hewan ini biasanya akan mengunci rahang dari mangsanya dengan menggunakan giginya yang juga berfungsi untuk menyalurkan racun. Walaupun sangat menyakitkan, namun racun yang dikeluarkan oleh mexican beaded lizard tidak sampai menyebabkan kematian pada manusia.

Gila Monster

5 Spesies Kadal Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Mematikan!Gila monster mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mexican beaded lizard. Akan tetapi, spesies kadal ini memiliki kadar racun yang sangat kuat bahkan bisa membunuh manusia. Dari segi penampilan, gila monster memiliki kepala berukuran besar serta rahang berotot yang membuatnya mampu menggigit mangsanya dengan sangat kuat dan kemudian mengalirkan racun ke dalam bekas luka gigitan.

Populasi dari gila monster tersebar luas di beberapa wilayah di Amerika di antaranya California, Utah, Nevada dan Arizona. Pada musim panas biasanya gila monster berburu makanan seperti mamalia kecil, telur dan burung.

***

Nah, itulah beberapa spesies kadal paling berbahaya di dunia yang memiliki racun serta serangan yang dapat mengancam nyawa manusia. Kebanyakan habitat dari kadal-kadal tersebut memang terdapat di sekitar pantai yang memiliki iklim tropis.