Tempat Wisata Bukittinggi

Tempat Wisata Bukittinggi

Tempat Wisata Bukittinggi

Tempat Wisata Bukittinggi – Bukittinggi merupakan salah satu kota di wilayah provinsi Sumatera Barat yang memiliki pesona wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pernah menjadi ibukota Negara saat masa pemerintahan darurat republik Indonesia, membuat kota Bukittinggi menyimpan banyak nilai historis yang tinggi.

Bukittinggi sudah lama menjadi magnet bagi para wisatawan. Semenjak diresmikan sebagai kota wisata 33 tahun silam, Bukittinggi mulai menjelma menjadi kota yang makin apik dan cantik. Selain perbaikan objek wisata yang ada, juga dibuka banyak destinasi wisata baru yang tak kalah saing dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Selain alamnya yang cantik, Bukittingi juga menyimpan banyak potensi wisata lainnya, seperti wisata sejarah, wisata kuliner. Daerah penghasil sanjai nomor satu ini terus bergeliat dalam sektor pariwisata. Demi terwujudnya kenayaman para pengunjung untuk mengunjungi kota dengan Ikon Jam Gadang tersebut.

Selain itu, letaknya yang berada di rangkaian pegunungan Bukit Barisan serta dikelilingi dua gunung besar yakni Gunung Singgalang dan Gunung Marapi membuatnya memiliki hawa yang sejuk dengan alam yang luar biasa mempesona. Tak heran jika banyak destinasi menarik tersaji di tempat ini.

Jam Gadang

Jam Gadang berada di urutan paling atas tempat yang wajib dikunjungi di Bukittinggi. Tidak lengkap rasanya bila melancong ke Bukittinggi tanpa berkunjung ke Jam Gadang. Jam berukuran raksasa ini konon hanya ada dua di dunia. Kembaran Big Ben, London  ini merupakan hadiah dari ratu Belanda dan dirancang langsung oleh putra daerah, Sutan Gigi Ameh.

Puas berfoto di taman pelataran jam gadang, anda bisa sekalian hunting kuliner khas di pasar ateh. Sebut saja nasi kapau, teh talua, ampiang dadiah, keripik sanjai ataupun belanja oleh-oleh handmade  yang sangat khas Bukittinggi.

The Great Wall of Koto Gadang

Janjang koto gadang ini diresmikan dan dibuka untuk umum sejak 2013 silam. janjang yang terbentang dari sianok hingga berakhir di Koto Gadang ini terletak tak jauh dari pusat kota Bukittinggi. Objek wisata ini sengaja dibuat semirip mungkin dengan Tembok Besar Cina.

Ratusan anak tangga berbelok belok dan mendaki ini menjadi salah satu ikon wisata Bukittinggi. Sayangnya, sekarang objek wisata ini kurang terawat. Banyak coretan sana sini dan berbagai aksi vandalisme dari pengunjung yang tak bertanggung jawab.

Lubang Jepang

Di Bukittinggi ada sebuah bunker atau terowongan bawah tanah yang dibangun pada masa penjajahan Jepang sebagai tempat berlindung sekaligus penjara bagi tawanan perang. Terowongan ini memiliki kedalaman hingga 49 meter dibawah permukaan tanah, dengan panjang mencapai 1.400 meter dan lebar 2 meter.

Terowongan ini pun bisa tembus ke beberapa tempat lain seperti Ngarai Sianok, Benteng Fort de Kock, Jam Gadang hingga Istana Bung Hatta. Tak heran jika terowongan ini disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang di Asia. Terowongan ini juga memiliki beberapa ruang khusus seperti ruang penjara, gudang senjata, dapur hingga ruang pengintaian dengan suasana yang sedikit horror.

Untuk menjelajahi tempat wisata di Bukittinggi ada baiknya untuk menggunakan jasa tour guide agar Anda tak tersesat di terowongan. Letaknya berada di Taman Panorama Kota Bukittinggi, aksesnya pun cukup mudah sekaligus dekat dengan destinasi lainnya seperti Jam Gadang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *