Tips Cara Memelihara Kelinci Agar Sehat dan Lincah

Tips Cara Memelihara Kelinci Agar Sehat dan Lincah

Tips Cara Memelihara Kelinci Agar Sehat dan Lincah

Fiella Rabbitry: Meraup Rupiah dengan Beternak Kelinci ...

Tips Cara Memelihara Kelinci Agar Sehat dan Lincah – Kelinci merupakan salah satu hewan yang sangat populer bagi masyarakat indonesia. Mereka dikagumi karena sikapnya yang halus dan tampilannya yang sangatlah memukau.

Merawat kelinci  sebenarnya tidaklah rumit dan bahkan lebih mudah dibandingkan memelihara hewan lain seperti anjing dan kucing. Dengan banyaknya alasan tersebut sepertinya memang sepantasnya bahwa hewan satu ini bisa menjadi sangat populer di Indonesia.

Selama musim panas hewan ini akan memakan tanaman yang mengandung banyak air didalamnya seperti gulma, rumput dan juga semanggi hingga bunga liar, ketika cuaca cenderung dingin mereka akan lebih menyukai tanaman seperti kuncup, kulit kaju manis, dan beberapa tanaman hijau yang memiliki tekstur lebih kering.

Kelinci merupakan hewan altricial yang berarti mereka dilahirnya dalam keadaan yang buta, tanpa rambut dan tidak berdaya, kelinci yang baru lahir akan ditinggalkan oleh orang tuanya guna menghindari perhatian dari predator, dan ibunya akan kembali menemui anaknya guna memberikan makan pada subuh dan menjelang malam, sehingga cara memelihara kelinci tidaklah sulit dan kamu tidak perlu panik jika melihat anak kelincimu seringkali ditinggal oleh induknya.

Berikut panduan memelihara kelinci agar sehat dan panjang umur:

 Persiapkan rumah indoor yang nyaman 

Untuk step 1 kami merekomendasikan kamu untuk menyiapkan kandang yang berada di Indoor untuk kelinci kesayangganmu, walaupun ini tidak terlalu menjadi faktor yang harus dilakukan namun nyatanya kelinci yang berada di ruangan indoor akan lebih sehat sehingga tidak ada salahnya kamu membangun mereka ruangan indoor jika memang sanggup.

Berikan Jerami yang segar

Makanan kelinci biasanya terdiri dari jerami, jerami yang segar harus selalu tersedia untuk kelinci karena jerami cukup penting untuk pertumbuhannya, bagi kelinci yang masih kecil, ia harus diberikan alfalfa, dan jika memang tersedia, untuk kelinci besar kamu bisa memberikannya rerumputan, jerami timothy atau bahkan jerami bekas ladang gandum.

 Berikan tanaman hijau yang segar, pelet yang kaya serat dan air minum

Jika langkah kedua kami menyarankan untuk memberinya jerami, dilangkah ketiga kami memberikan saran untuk memberi makan kelinci sayuran segar bisa berupa wortel atau sawi putih atau pelet yang kaya akan serat dan yang terakhir jangan lupa untuk memberinya air minum.

Persiapkan Litter Box Kelinci 

Kelinci memiliki sifat alami yang akan buang air kecil hanya disatu tempat, sifat alaminya tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengajarinya buang air dilitter box selayaknya kucing dan juga anjing. Untuk mendukung hal tersebut beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya adalah menyediakan litter boxnya dan tempatkan di lokasi yang sangat mudah dijangkau sehingga ia akan ingat dimana tempat pembuangannya berada.

Sediakan kardus kosong guna mereka bermain 

Kelinci sangat mudah bosan terhadap lingkungannya, oleh karena itu kamu perlu memberikannya tempat bermain atau tempat berolahraga karena sejatinya hewan yang sehat tidak hanya karena tubuh yang sehat, namun juga karena didukung oleh faktor mental yang sehat. Jika kamu memiliki budget lebih guna memelihara peliharaan ini, kamu bisa membelikannya mainan kelinci agar ia bisa semakin aktif dan tidak mudah bosan.

Grooming kelinci kamu 

Kelinci adalah hewan yang secara alami sangatlah bersih dan juga sering melakukan banyak hal sendiri, namun walaupun sifatnya demikian, mereka masih tetap membutuhkan kamu guna merawat tubuhnya, grooming pada kelinci biasanya melakukan sisir menggunakan sisir magnetik guna menghindari tumpukan bulu serta memandikannya dalam waktu 2 bulan sekali dan yang terakhir adalah dengan melakukan gunting kuku kepadanya.

Mengerti perilaku kelinci dan kebiasaannya 

Kelinci sedikit berbeda dengan anjing dan kucing dari cara berkomunikasi, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara berfikir mereka sehingga dikedepannya kelinci kamu tidak mengalami stress, cara mengerti perilakunya adalah dengan cara melihat kebiasaannya ketika lapar dan kamu jadikan acuan kamu untuk memberinya makan, dan semacamnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *