Tips Memelihara Hamster

Tips Memelihara Hamster

Tips Memelihara Hamster

Tips Memelihara Hamster – Hamster merupakan salah satu hewan yang mudah mati. Pada dasarnya, hamster termasuk salah satu binatang dengan umur yang pendek.

Kebanyakan hamster hidup 4 sampai 8 tahun saja.

Kenyataannya, kita bisa memperpanjang hidup mereka apabila mengerti bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar.

Terutama untuk jenis-jenis yang memang diciptakan untuk dikembang-biakkan di dalam ruangan.

Baik kamu pemula atau sudah sering merawat hamster namun tidak tahu bagaimana menjaga binatang peliharaanmu sehat serta panjang umur.

Sebelum kamu mempelajari cara merawat hamster, ada baiknya jika kamu mengetahui jenis mana yang baik untuk dipelihara di rumah.

Pasalnya, tidak semua hamster bisa hidup lama di dalam sebuah bangunan tertutup.

Ini dikarenakan jumlah matahari dan udara terbuka langsung yang mereka butuhkan setiap harinya.

Ada beberapa jenis hamster yang umum dipelihara dan biasanya bisa mencapai umur antara 2 hingga 3 tahun.

Hamster adalah hewan nokturnal sehingga hewan ini bisa tidur sepanjang hari namun ada juga beberapa jenis hamster yang merupakan hewan crepuscular sehingga bisa aktif ketika pagi hari dan sore hari menjelang matahari terbenam.

Agar hamster peliharaan bisa selalu terlihat bahagia dan sehat, maka ada banyak hal yang harus dilakukan setiap hari dengan teratur.

Pilih Kandang yang Tepat

Untuk pilihan kandang hamster umumnya berukuran 0.23 meter persegi atau kandang berukuran 61 x 38 sentimeter termasuk untuk cara merawat bayi hamster. Akuarium berbahan kaca juga bisa digunakan sebagai kandang hamster namun kekurangannya tidak memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga pastikan bagian atas kandang terbuat dari jaring kawat agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Pastikan juga kandang tidak diletakkan pada area yang terkena sinar matahari langsung sebab bisa kepanasan khususnya jika dipelihara dalam akuarium.

Letakkan Kandang di Tempat Aman

Pastikan anda menempatkan hamster pada area yang memiliki banyak ventilasi udara. hindari meletakkan kandang tepat di depan jendela dan pastikan ruangan tetap tenang dan terbebas dari gangguan hewan peliharaan lainnya seperti kucing atau anjing agar hamster tidak stress dan jangan biarkan kucing atau anjing sampai berinteraksi dengan hamster anda.

Pastikan Hamster Tidak Bisa Kabur

Perlu anda ketahui jika hamster adalah hewan yang sangat pintar dalam urusan melarikan diri. Untuk itu, pastikan semua lubang bukaan seperti pintu pada kandang benar benar terkunci dan tidak ada bagian kandang yang longgar atau bisa dibuka oleh hamster. Apabila anda memakai kandang dengan dinding kawat, maka pastikan celah kawat tidak bisa dilalui hamster yakni tidak lebih dari 0.7 sentimeter.

Pahami Naluri Teritorial Hamster

Jika anda ingin memelihara hamster suria, maka pastikan menempatkan satu ekor hamster di setiap satu kandang. Hamster suria biasanya merupakan hewan teritorial ketika sudah masuk usia 5 hingga 8 minggu sehingga akan berkelahi dengan sesama hamster hingga mati untuk mendapatkan tempat sendiri di dalam kandang. Sedangkan untuk hamster kerdil bisa ditempatkan dalam satu kandang secara bersamaan jika sudah akrab dengan sesamanya sejak masih kecil.

Menyiapkan Alas Kandang

Alas kandang hamster juga harus disiapkan dengan ketebalan 7.6 sentimeter. Serutan kayu pinus atau cedar sebaiknya jangan digunakan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan dan masalah lainnya.

Pilih serutan kayu aspen yang tidak mengandung minyak berbahaya. Selain itu, jangan juga gunakan kapas dan tisu toilet karena bisa berbahaya seperti melilit kaki hamster sehingga menghambat aliran darah dan tidak bisa dicerna sehingga bisa membunuh hamster anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *